• News

  • Persona

Liberty Rumbruren,Impian Memajukan Papua Barat

Liberty Rumbruren,impian memajukan Papua Barat.
UKI
Liberty Rumbruren,impian memajukan Papua Barat.

Berita Terkait

JAKARTA, NNC - Pengalaman berkali-kali di tolak model agency tidak membuat Liberty Rumbruren menyerah dalam mencapai cita-citanya menjadi model yang bisa menginspirasi banyak orang. Perkenalan Liberty akan dunia modeling bermula sejak ia mengikuti lomba fashion show ketika ia duduk di bangku sekolah.

Liberty kerap memenangkan perlombaan model seperti Finalis Putri Pantai Papua Barat 2010,  Juara 2 Busana Kartini PKK Provinsi Papua Barat 2010, Finalis DKI Jakarta 2 Indonesia Top Model. Ketika berkuliah di Jakarta, Liberty mengikuti sekolah modeling untuk mengasah kemampuannya.

Pengalamannya menjadi model memberikan kesempatan kepada dirinya menjadi Finalis Putri Indonesia dari wilayah Papua Barat tahun 2018. Pemerintah Provinsi Papua Barat mendukung persiapannya menuju Malam Final Putri Indonesia 2018. Liberty akan memperkenalkan potensi wisata dan kekayaan budaya dengan mengikuti ajang Putri Indonesia ini.

”Aku ingin mendapat ilmu dan berkontribusi untuk Papua Barat dengan membantu Pemerintah memajukan kehidupan perempuan dan anak-anak disana. Pemuda di Papua memiliki banyak bakat yang tidak bisa disalurkan karena tidak ada wadah yang menampung kemampuan mereka. Padahal sebagai perempuan dapat juga berkompetisi di dunia politik dan ekonomi, “ ujar lulusan SMAN 1 Manokwari, Kamis (7/3/2018).

Liberty Rumbruren merupakan mahasiswi jurusan Hubungan Internasional FISIPOL Universitas Kristen Indonesia angkatan 2014. Dalam menjalani proses seleksi Putri Indonesia, ia mendapat banyak dukungan dari kampus UKI. Dukungan berdatangan baik dari Dekan, Wakil Dekan dan teman teman di FISIPOL UKI.

“Persiapan cukup banyak menjelang malam final Putri Indonesia. Aku harus mempersiapkan kostum daerah dan foto. Lalu melatih catwalk, public speaking dan berolahraga. Aku juga berlatih tarian dari Papua Barat untuk ajang unjuk bakat. Hanya ada waktu tiga minggu untuk menyiapkan semuanya,” ungkap gadis kelahiran 27 september 1993 ini.

Setelah menjadi Putri Indonesia, Liberty harus membagi waktu antara persiapan skripsi, perkuliahan, dunia modeling dan kewajibannya sebagai Finalis Putri Indonesia dari Papua Barat. Wanita yang biasa dipanggil Libe ini memiliki keinginan untuk menyelesaikan kuliah tepat waktu. Selama berkuliah, Libe aktif di beberapa organisasi seperti menjadi anggota Badan Perwakilan Mahasiswa dan Ikatan Mahasiswa Cendrawasih.

Kesuksesan Liberty saat ini tidak terlepas dari peran sang ayah yang mengajarkan agar tidak mudah menyerah dan menjadi pribadi yang mandiri. Hal ini menantang Liberty untuk dapat membiayai sendiri perkuliahan dengan usahanya sendiri. Ia menjadi entrepreneur muda dibidang pengadaan alat-alat logistik yang bekerjasama dengan Pemerintah provinsi Papua Barat.

“Perusahaan ku memiliki 3 karyawan dan sudah berjalan selama 4 tahun. Dengan menjadi pengusaha saya belajar bertemu banyak orang dan bisa mengaplikasikan ilmu yang didapat. Di jurusan Hubungan Internasional, aku belajar berdiplomasi, belajar ekonomi dan belajar negoisasi. Orang tua juga mendukung asalkan tidak menggangu kuliah, “ ujar anak kelima dari 6 bersaudara ini.

Di tengah aktivitasnya yang banyak, Liberty selalu menyempatkan diri untuk berdoa dan bersyukur pada Tuhan Yesus. Setelah berdoa, ia merasa lebih siap dengan berbagai tugas yang dibebankan ke pundaknya sebagai finalis Putri Indonesia dari Papua Barat.

Editor : Sulha Handayani