• News

  • Persona

Vladimir Zelensky, dari Pelawak Jadi Presiden Ukraina

Komedian Ukraina Vladimir Zelensky
dok.112.International
Komedian Ukraina Vladimir Zelensky

JAKARTA, NETRALNEWS.COM -- Komedian Ukraina Vladimir Zelensky memenangkan pemilihan putaran kedua pada hari Minggu (21/4/2019), kata jajak pendapat.

Zelensky, kandidat Servant Partai Rakyat, memperoleh 73,2 persen suara, sementara saingannya Petro Poroshenko tertinggal 25,3 persen.

Zelensky, komedian yang populer di acara TV menghadapi Poroshenko, presiden yang berkuasa di negara itu, dalam putaran kedua pada hari Minggu karena tidak ada kandidat yang melampaui ambang 50 persen selama putaran pertama pemilihan di Ukraina.

Dalam serial TV, Zelensky memainkan peran sebagai guru sejarah yang menjadi presiden setelah memerangi korupsi dan mengubah kabinet.

Sekitar 30 juta pemilih terdaftar untuk memberikan suara. Namun, sekitar 5 juta orang yang tinggal di Donbas, dan Krimea - dianeksasi oleh Rusia - tidak dapat memilih.

Terakhir pada 1 Mei, komisi pemilihan Ukraina harus mengungkapkan nama presiden baru negara itu.

Dua kandidat teratas bertemu Jumat lalu untuk berdebat di stadion Olympiyskiy, ibukota Kiev tempat beberapa ribu orang berkumpul.

"Aku bukan lawanmu - aku adalah hukumanmu!" tegas Zelenskiy kepada presiden yang berkuasa selama debat, menuduhnya "mencuri lima tahun kehidupan Ukraina" ketika sedang berkuasa.

Zelenskiy melanjutkan dengan mengatakan: "Saya adalah hasil dari kesalahan dan janji."

Lantas siapakah Vladimir Zelenskiy?

Zelenskiy lahir pada 25 Januari 1978 dari keluarga seorang insinyur dan ahli matematika di kota Krivoy Rog di wilayah Dnipropetrovsk pusat Ukraina.

Ia memperoleh gelar sarjana hukum dari Universitas Ekonomi Nasional Kiev - meskipun ia tidak pernah bekerja sebagai pengacara.

Selama kuliah bertahun-tahun, Zelenskiy bergabung dengan kelompok teater.

Pada tahun 1997, ia memimpin tim kabaret yang tampil di acara televisi humor KVN yang sangat kompetitif.

Pada tahun 2003, Zelenskiy menjadi kepala perusahaan Kvartal 95 di Ukraina yang berspesialisasi dalam menciptakan konten media yang menghibur.

Pada tahun yang sama, Zelenskiy menikah dengan teman sekolahnya, Elena Kiyashko. Pasangan itu memiliki seorang putra dan putri.

Ia menjadi penulis, pencipta, sutradara dan pembawa acara proyek "Vecherniy Kvartal", yang ditayangkan perdana di saluran TV negara Inter pada tahun 2005, dan menjadi salah satu acara dengan rating tertinggi di Ukraina.

Pada 2015, musim pertama serial TV Servant of the People disiarkan di televisi dan menjadi hit instan. Musim ketiga mengudara tepat sebelum putaran pertama pemilihan.

Aktor yang tidak memiliki pengalaman politik ini menyatakan akan bersaing untuk memperebutkan jabatan presiden negara itu pada malam Tahun Baru pada tahun 2018 di sebuah acara TV, dan sejak memulai kampanye politiknya.

Zelenskiy telah banyak menggunakan jaringan media sosial, berinteraksi langsung dengan warga selama acara TV dan konser kabaret, serta menggunakan klip video pendek, jajak pendapat, dan survei dalam kampanyenya, demikian seperti diberitakan Anadolu.

Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya