• News

  • Persona

Dyah Roro, Anggota DPR Muda yang Siap Bersuara dan Ubah Wajah Parlemen

Dyah Roro Esti, Anggota DPR RI utusan Partai Golkar.
NNC/Adiel Manafe
Dyah Roro Esti, Anggota DPR RI utusan Partai Golkar.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Politisi milenial dari Partai Golkar, Dyah Roro Esti menjadi salah satu anggota DPR termuda yang dilantik pada Selasa (1/10/2019).

Roro lolos ke Senayan setelah terpilih di Dapil Jatim X yang meliputi Gresik dan Lamongan dengan meraih 48.377 suara.

Menjadi anggota legislatif, wanita cantik berusia 26 tahun ini membawa visi misi yang akan diperjuangkan untuk dapilnya maupun bagi Indonesia lewat suaranya di Parlemen.

"Visi misi saya adalah bagaimana saya bisa berguna untuk masyarakat di dapil saya di Gresik dan Lamongan, karena saya merasa saya disini berkat doa dan dukungan dari mereka," kata Roro kepada netralnews.com di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019).

"Dan saya sangat bersyukur karena ini merupakan sebuah sarana dimana saya bisa menyerahkan isu-isu yang dialami oleh masyarakat Indonesia," sambungnya.

Peraih gelar master studi lingkungan dari Inggris itu mengaku tidak akan menyia-nyiakan kesempatan sebagai wakil rakyat untuk bersuara baik di komisi maupun fraksi Golkar di DPR. Salah satu isu yang bakal diperjuangkan Roro yang mengenai mengenai lingkungan sesuai dengan latar belakang pendidikannya.

"Saya berharap untuk menyongsong isu-isu terkait lingkungan, bagaimana kita bisa hidup ramah lingkungan dan bagaimana negara Indonesia bisa menyikapi perubahan iklim yang merupakan permasalahan global yang saat ini kita alami," paparnya.

"Jadi saya berharap bisa menggunakan suara saya di dalam kesempatan apapun itu mulai dari Komisi maupun di fraksi karena dari sinilah saya diberikan kepercayaan oleh lingkungan masyarakat 48 ribu orang yang benar-benar support saya dari awal," jelas Roro.

Lebih lanjut, putri dari politisi Golkar Satya Widya Yudha ini berharap, kehadirannya dan politisi muda lain di Parlemen, bisa memberi warna baru bagi institusi tersebut.

"Saya berharap bahwa keberadaan saya dan juga anak muda lainnya itu bisa memberikan warna yang baru di institusi DPR ini," ucap Roro.

Selain itu, ia juga mempunyai motivasi untuk meningkatkan faktor kepercayaan publik terhadap DPR yang selama ini dinilai masih rendah.

"Saya juga berharap dapat meningkatkan level trustability yang selama ini mungkin tidak tergolong terlalu tinggi di DPR. Maka dari sinilah saya termotivasi untuk merubah naratif naratif daripada institusi ini menjadi sesuatu yang tentunya lebih positif lagi," pungkasnya.

Diketahui, Diah Roro Esti telah menempuh pendidikan sarjana di University of Manchester Jurusan Ekonomi dan Sosiologi serta S2 di Imperial College London Jurusan Kebijakan Lingkungan berkat beasiswa LPDP dari Kementerian Keuangan.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Irawan.H.P