• News

  • Politik

Bukan Bapak Reformasi, Aktivis 98 Sebut Amien Rais ‘Setan Reformasi‘ 

Diskusi publik Aktivis 98 dalam memperingati lengsernya Soeharto.
NNC/Adiel Manafe
Diskusi publik Aktivis 98 dalam memperingati lengsernya Soeharto.

JAKARTA, NNC - Aktivis 98 Faizal Assegaf berpendapat, Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais bukan bapak reformasi, karena banyak tokoh nasional yang berjuang untuk menggulingkan Presiden Soeharto atau yang dikenal dengan rezim orde baru (orba) pada 1998 silam.

Hal itu disampaikan Faizal dalam diskusi publik Aktivis 98 'Peringati Lengsernya Soeharto!, Amien Rais, Bapak Reformasi?' di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Senin (7/5/2018).

Selain itu, Faizal menyebut Amien hanya menumpang nama dan memanfaatkan aksi mahasiswa dan rakyat dalam menggulingkan rezim Soeharto.

"Muncul gugatan kawan-kawan kalau Pak Amin bukan tokoh reformasi, itu wajar saja karena Pak Amien itu dari satu tokoh nasional," kata Faizal.

Seharusnya, lanjut Faizal, gelar bapak reformasi diberikan kepada tokoh lain, seperti Sri Bintang Pamungkas yang ikut memperjuangkan reformasi.

"Pak Bintang ini bapak reformasi, hanya saja terlalu realistisnya Pak Bintang menimbulkan pro kontra," papar Faizal.

Ketua Progres 98 itu kemudian mengkritisi sepak terjang Amien Rais selama 20 tahun berjalannya reformasi. Ia bahkan menjuluki Amien sebagai 'setan reformasi.'

Bahkan Faizal menyindir manuver Ketua Penasihat Persaudaraan Alumni 212 itu yang kerap mengkritisi pemerintahan Joko Widodo (Jokowi),

merupakan cara-cara lama yang digunakan seperti saat menggulingkan pemimpin sebelumnya.

"Tahun 99 itu pak Amien rais sudah jadi setan. Hanya diulangkan saja. 99 pak Amien Rais hasut umat Islam bahwa umat Islam haramkan presiden perempuan akhirnya dia angkat Gus Dur, dan karena kepentingannya gak terpenuhi makanya dia gusur Gus Dur dan angkat Megawati. Jadi yang setan sebenarnya itu adalah pak Amien Rais," tandasnya.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Nazaruli