• News

  • Politik

Bara Hasibuan: Terbuka Kemungkinan PAN Gabung Jokowi

- Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Bara Hasibuan.
Alinea
- Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Bara Hasibuan.

Berita Terkait

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Bara Hasibuan mengungkapkan soal peluang partainya merapat ke kubu Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin. 

Bara mengatakan, peluang PAN bergabung ke kubu Jokowi-Ma'ruf terbuka dan sudah mulai dibicarakan di internal partai berlambang matahari putih itu. 

"Nanti kita lihat. Memang kemungkinan untuk bergabung dengan Pak Jokowi, memang ada, terbuka. Kita sudah mulai dibicarakan dalam partai, nanti finalisasinya kita putuskan bersama melalui prosedur," kata Bara di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan, Jumat (24/5/2019). 

Menurutnya, keputusan final PAN soal merapat atau tidaknya ke kubu Jokowi masih menunggu proses penyelesaian Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK). 

Hal itu terkait rencana kubu capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengajukan gugatan sengketa Pilpres 2019 di MK, setelah KPU menetapkan hasil rekapitulasi suara Pilpres 2019 dimenangkan oleh Jokowi-Ma'ruf. 

Pasalnya, saat ini PAN masih tergabung dalam koalisi Adil Makmur yang mengusung Prabowo-Sandi di Pilpres 2019. "Masih menunggu proses ini semua selesai di Mahkamah Konstitusi," ujar Bara. 

Lantas, bagaimana sikap Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais soal kemungkinan PAN merapat ke Jokowi? 

"Nanti kan itu semua kita bicarakan bersama-sama ya. Semua harus sesuai undang-undang," ucap Bara. 

Meski demikian, Bara menjelaskan bahwa yang memiliki otoritas penuh untuk mengambil keputusan adalah Dewan Pimpinan Pusat (DPP). 

"Tapi kan kan yang mempunyai otoritas yang penuh itu kan sebetulnya DPP. DPP-lah yang pemimpin utama sebuah partai politik itu, dimanapun itu dan apun adalah ketua umum DPP," pungkasnya.

 

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Widita Fembrian

Apa Reaksi Anda?