• News

  • Politik

Begini Tanggapan NasDem Soal Usulan Bubarkan Koalisi Parpol

Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate
Dokumentasi Netralnews
Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate mengatakan, usulan Wasekjen Partai Demokrat Rachland Nashidikagar Prabowo Subianto dan Joko Widodo (Jokowi) membubarkan masing-masing koalisi parpol di Pilpres 2019, merupakan pernyataan pribadi Rachland dan bukan sikap Partai Demokrat.

"Sebetulnya kami tidak ingin tanggapi pernyataan tersebut karena bukan datang dari Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) sebagai Ketum Demokrat," kata Johnny kepada wartawan, Senin (10/6/2019).

Ditambahkan Johnny, jika pernyataan Rachland sebagai sikap resmi Partai Demokrat, maka pihaknya menilai bahwa usulan tersebut tidak relevan dengan Koalisi Indonesia Kerja (KIK) yang mengusung Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019.

"Namun jika pernyataan tersebut merupakan sikap resmi Partai Demokrat maka pahamilah bahwa usulan tersebut tidak relevan dengan Koalisi KIK. Kami solid dan akan semakin solid," tegas Johnny.

Karenanya, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf ini mempersilakan bila Demokrat ingin bergabung ke koalisi KIK. "Jika Demokrat ingin bergabung dengan koalisi KIK silahkan datang, kami membuka ruang kerja sama politik yang lebih luas untuk kepentingan bangsa dan negara," paparnya.

Lebih lanjut, Johnny juga meminta para politisi Demokrat agar berhati-hati mengeluarkan pernyataannya. "Pada momentum seperti ini ada baiknya jika politisinya membuat komentar dengan narasi yang senafas dan tidak kontra produktif," pungkasnya.

Sebelumnya, Rachland Nashidiklewat akun Twitter-nya, mengusulkan kepada Jokowi dan Prabowo untuk segera membubarkan koalisi masing-masing.

"Pak @prabowo, Pemilu sudah usai. Gugatan ke MK adalah gugatan pasangan Capres. Tak melibatkan peran Partai. Saya usul, Anda segera bubarkan Koalisi dalam pertemuan resmi yang terakhir. Andalah pemimpin koalisi, yang mengajak bergabung. Datang tampak muka, pulang tampak punggung," tulis @RachlandNashidik, Minggu (9/6/2019).

"Anjuran yang sama, bubarkan Koalisi, juga saya sampaikan pada Pak @jokowi. Mempertahankan koalisi berarti mempertahankan perkubuan di akar rumput. Artinya mengawetkan permusuhan dan memelihara potensi benturan dalam masyarakat. Para pemimpin harus mengutamakan keselamatan bangsa," katanya.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Nazaruli