• News

  • Politik

PA 212: Aksi 24-28 Juni Meminta MK Diskualifikasi Jokowi-Ma‘ruf

Aksi massa di sekitar Patung Kuda saat sidang sengketa Pilpres di MK.
Dokumentasi Netralnews
Aksi massa di sekitar Patung Kuda saat sidang sengketa Pilpres di MK.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Alumni 212 akan menggelar aksi bertajuk Halal Bihalal Akbar 212 di sekitar ruas jalan Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, mulai 24-28 Juni 2019. 

Dalam poster yang tersebar di media sosial dituliskan bahwa acara halal bihalal itu akan diisi kegiatan berzikir, berdoa, serta bersalawat. 

Aksi ini sendiri digelar terkait sidang sengketa hasil Pilpres 2019 di MK, dimana sidang putusan akan dilakukan pada 28 Juni. 

Juru bicara Persaudaraan Alumni (PA) 212 Habib Novel Chaidir Bamukmin membenarkan soal akan adanya Halal Bihalal Akbar 212. 

Menurutnya, aksi dilakukan mulai hari ini oleh Alumni 212 lainnya, sementara PA 212 akan ambil bagian dalam Tahlil Akbar 266 pada Rabu (26/6/2019). 

"Hari ini para Alumni 212 akan turun di MK, namun untuk hari ini penyelenggara bukan PA 212. Untuk PA 212 ambil bagian sebagai penyelenggara tanggal 26 Juni," kata Habib Novel kepada Netralnews.com, Senin (24/6/2019). 

Aksi ini diklaim akan diikuti oleh massa dari berbagai daerah. "Yang bergabung dari Jabodetabek, Jabar, Banten, serta perwakilan dari berbagai daerah," ucap dia. 

Habib Novel menambahkan, puncak aksi digelar 28 Juni, jika MK tidak mengubah jadwal sidang putusan seperti yang dilakukan KPU ketika memajukan pengumuman hasil rekapitulasi suara Pilpres 2019. "Puncaknya kalau MK tidak ngelantur seperti KPU, maka puncaknya tanggal 28 Juni," imbuhnya. 

Lebih lanjut, Habib Novel menyebut bahwa tujuan digelarnya aksi ini adalah untuk meminta MK mendiskualifikasi capres-cawapres Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin. 

"Tujuannya jelas, untuk segera mendiskualifikasi Jokowi-M'aruf demi tegaknya keadilan," tegas papar tokoh Front Pembela Islam (FPI) itu.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Nazaruli

Apa Reaksi Anda?