• News

  • Politik

Pengamat: Habib Rizieq Hanya Bawa Masalah Bukan Kemaslahatan

Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab
dok.Istimewa
Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pengamat politik Arbi Sanit menilai, pulang atau tidaknya Habib Rizieq Shihab ke Indonesia tak perlu dibesar-besarkan. Sebab, tanpa Imam Besar FPI itu pun bangsa ini tetap berdiri kokoh dan tidak akan hancur.

Hal itu disampaikan Arbi menanggapi adanya usulan agar kepulangan Habib Rizieq Shihab ke Indonesia sebagai salah satu syarat rekonsiliasi pasca-Pilpres 2019 antara Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto.

"Memang ada kesan kepulangan dia itu seakan-akan dielu-elukan. Seolah-olah gak pulang Indonesia akan hancur. Gaklah. Itu keterlauan, terlalu membesar- besarkan dia itu. Pulang gak pulang bangsa baik-baik saja," kata Arbi kepada Netralnews, Jumat (12/7/2019).

Bahkan, Arbi berpendapat bahwa manuver Habib Rizieq selama ini di Indonesia justru membawa banyak masalah dan bukan kemaslahatan bagi bangsa.

"Sudah terbukti selama dia di sana (Arab Saudi), apa yang terjadi? Malah kita secara psikologi lebih sehat, lebih aman, tidak ada ancaman. Masalah jadi berkurang. Ada masalah yang tidak perlu lagi dihadapi lagi sehari-hari," ungkapnya.

"Ada aja masalahnya dia itu. Bukan kemaslahatan yang dibawanya bagi negara ini tapi masalah yang ia bawa," jelas Arbi.

Lagi pula, lanjut Arbi, jika Habib Rizieq kembali ke Tanah Air, bukan berarti kasus hukum yang menjeratnya akan ditutup.

"Kalau pun dia pulang, tak serta merta kasus hukumnya dihilangkan. Harus tetap diproses. Apalagi kasus dia ada sebelum pilpres dan tidak ada kaitannya dengan politik," pungkasnya.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya

Apa Reaksi Anda?