• News

  • Politik

Sandiaga Gabung ke Garbi? Fahri Hamzah: Ayo Kita Memulai Sebuah Perjalanan

 Sandiaga Uno kemungkina besar gabung ke Garbi.
GenPi
Sandiaga Uno kemungkina besar gabung ke Garbi.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Organisasi masyarakat (ormas) Gerakan Arah Baru Indonesia (Garbi) akan bertransformasi menjadi partai politik (parpol).

Ormas ini didirikan oleh eks Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Anis Matta dan loyalisnya, seperti Wakil mantan elit PKS, Fahri Hamzah dan Mahfudz Siddiq. Selain Anis dan Fahri, nama mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno juga disebut-sebut bakal bergabung dengan Garbi.

Isu itu mulai berhembus setelah Anis dan Sandi menghadiri acara diskusi bertema ‘Sikap Milenial Pasca Pilpres 2019 & Peran Serta Milenial dalam Menciptakan Lapangan Kerja dan Industri Kreatif’ beberapa hari lalu.

Kemungkinan bergabungnya cawapres nomor 02 di Pilpres 2019 itu ramai dibicarakan warganet (netizen).

"Ada nama-nama ini @Fahrihamzah @anismatta @sandiuno di Gerakan Arah Baru Indonesia (GARBI). Keknya gw siap terlibat besarin calon partai baru ini, cari suasana baru!" tulis netizen pemilik akun Twitter, @KingPurw4, dikutip netralnews.com, Rabu (17/7/2019).

Kicaun @KingPurw4 mendapat tanggapan dari Fahri Hamzah. Lewat akun Twitter-nya, ia mengajak untuk memulai sebuah perjalanan.

"AYO kita mulai sebuah perjalanan..," kata @fahrihamzah.

Sebelumnya, Fahri Hamzah menyatakan Garbi akan menjadi partai politik. Namun ia belum menjelaskan kapan tepatnya formalisasi Garbi menjadi parpol.

"Ya memang setelah lebih dari setahun ke seluruh Indonesia, kami mendapatkan aspirasi yang kuat dari teman-teman, ada gerakan pemikiran yang telah dimulai oleh Garbi di seluruh Indonesia itu bisa kita teruskan menjadi sebuah gerakan politik berbentuk sebuah partai politik yang memecah kebekuan yang sekarang muncul di tengah-tengah masyarakat kita," ujar Fahri kepada wartawan, Kamis (11/7/2019).

"Dan akhirnya disepakatilah dalam pembicaraan-pembicaraan belum kita formalkan, sehingga tinggal menunggu waktu kapan kita melakukan fomalisasi pembentukan partai politik," ujarnya.

Sementara itu, Anis Matta menyebut,  saat ini Garbi masih dalam tahap mensoialisasikan ide dan gagasan ke masyarakat.

"Sekarang idenya dulu yang kita sebarkan. Nanti kita lihat respon publik di sini. Berdasarkan respons itu nanti baru kita ber-metamorfosis jadi gerakan politik," ujar Anis, Minggu (14/7/2019).

Anis menegaskan dirinya keluar dari PKS jika Garbi menjadi partai politik. Saat ini Anis diketahui masih duduk di posisi Majelis Syuro PKS.

"Sekarang saya masih terdaftar di anggota Mejelis Syuro. Tapi saya kira, kalau nanti (Garbi) menjadi parpol, otomatis saya keluar (dari PKS)," pungkasnya.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sulha Handayani