• News

  • Politik

Kursi Ketua MPR Jadi Rebutan, Ini Harapan OSO

Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang (OSO).
Faktual News
Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang (OSO).

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang ( OSO) berharap, pemilihan pimpinan MPR periode 2019-2024 dilakukan melalui musyawarah mufakat. 

"Rakyat mau bagaimana? Musyawarah mufakat, itu adalah pokok utama kita dalam menyelesaikan masalah," kata OSO di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (18/7/2019). 

Menurutnya, jika tidak tercapai musyawarah untuk mufakat maka bisa dilakukan dengan pemungutan suara atau voting. 

"Kalau tidak bisa (musyawarah mufakat), terpaksa harus voting, tetapi kalau bisa musyawarah untuk mufakat bagus sekali," jelas OSO.

Hal senada juga disampaikan Ketua MPR Zulkifli Hasan. Ia berharap, pemilihan Ketua MPR dilakukan dengan musyawarah mufakat dan berlangsung sejuk seperti periode sebelumnya. 

"Kalau pimpinan, sekali lagi MPR sebagai Majelis Permusyawaratan Rakyat seperti yang lalu, kami harap betul-betul bisa sejuk," ujar Zulkifli di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (18/7/2019). 

"Ciri khas MPR karena namanya Majelis Permusyawaratan Rakyat, jadi diharapkan apapun nanti melalui musyawarah mufakat," tandasnya.

Seperti diberitakan, saat ini sejumlah partai politik di Koalisi Indonesia Kerja (KIK) pendukung Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin mulai mengincar kursi Ketua MPR Periode 2019-2024. 

Dua parpol dalam KIK yang blak-blakan menyatakan ingin mendapatkan kursi Ketua MPR yaitu Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Golkar.

 

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Widita Fembrian