• News

  • Politik

Politisi PDIP Ini Berharap Gerindra Tetap Konsisten Menjadi Oposisi

Politisi senior PDIP Effendi Simbolon
Potretnews
Politisi senior PDIP Effendi Simbolon

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Politisi senior PDIP Effendi Simbolon berpendapat, sebaiknya Partai Gerindra tetap konsisten menjadi oposisi dan tidak masuk dalam kabinet Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin.

Pasalnya, Effendi menyebut selama Pilpres 2019, Gerindra sudah berseberangan dengan parpol Koalisi Indonesia Kerja (KIK) pengusung Jokowi-Ma'ruf, sehingga jika Gerindra masuk dalam pemerintahan, dikhawatirkan visi misinya tidak sejalan dengan koalisi KIK.

"Ya ialah (Gerindra tetap oposisi). Wong dia beda kok. Kita satu tahun lebih 'berseberangan.' Jika berlawanan, maka berbeda visi dia. Wong berbeda visi, bagai air dan minyak, masak bisa bersatu. Ya gak mungkin (bergabung)," kata Effendi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (20/7/2019).

"Konsisten sajalah (sebagai oposisi). Tidak usah terlalu diakomodir sampai ke seluruh keinginan, kebutuhannya, akhirannya kita gak pernah konsisten," ujarnya," ujarnya.

Lagi pula, lanjut Effendi, berada di posisi manapun, entah oposisi atau koalisi pemerintah, itu hanyalah soal perbedaan arah politik dan bukan bermusuhan.

"Sudah cukuplah. Wong kita bukan musuh kok. Bukan perang kok kita. Ini cuma kontestasi lima tahunan," ucap Effendi.

"Biarlah ada pemilahan (antara oposisi dan koalisi), tetapi tidak membuat kemudian kita bermusuhan. Kita kalau kakak adik juga bisa berbeda pandangan, tapi itu tak lantas membuat kita bermusuhan dong," pungkasnya. 

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Nazaruli