• News

  • Politik

Prabowo Hadiri Kongres PDIP, Gerindra Segera Tentukan Sikap Politik, Kapan?

 Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria
Dokumen NNC
Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menghadiri pembukaan Kongres V PDIP di Bali pada Kamis (8/8/2019) kemarin. Lantas, apakah itu mengisyaratkan Gerindra bakal koalisi dengan kubu pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)?

Menjawab pertanyaan itu, Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria mengatakan, sampai saat ini partainya belum menentukan sikap politik untuk berkoalisi dengan kubu Jokowi atau menjadi oposisi.

"Sampai saat ini kita belum bicara soal koalisi atau oposisi, kami di internal juga belum mendiskusikan hal itu," kata Riza di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (9/8/2019).

Riza menyebut, sikap politik Gerindra akan diputuskan pada September 2019. Menurutnya, ada tiga agenda yang bakal dibahas partai berlambang burung garuda itu di September nanti.

"Mungkin di bulan September kami ada event nasional untuk mendiskusikanya, melakukan evaluasi Pileg 2019, mungkin persiapan Pilkada 2020 dan yang ketiga agendanya termasuk apakah Gerindra akan ada di posisi pemerintah atau di oposisi," jelasnya.

Namun demikian, Riza belum bisa memastikan apakah acara Gerindra pada bulan September itu akan dilaksanakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) atau Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas).

"Tiap partai di bulan Agustus-September itu ada event nasional, tidak hanya Gerindra, ada Demokrat, PAN dan PKS untuk memutuskan arah kebijakan politik ke depan," ungkapnya.

Ditambahkan Riza, meski Gerindra telah sepakat menyerahkan sepenuhnya kepada Prabowo selaku Ketum dan Ketua Dewan Pembina untuk memutuskan arah politik partai, namun ia menyebut Prabowo adalah sosok yang bijaksana sehingga keputusan yang diambil selalu berdiskusi dengan kader Gerindra.

"Pak Prabowo adalah orang yang bijaksana, sekalipun kami memberikan kewenangan prerogatif penuh pada beliau, tapi hal yang kecil saja beliau selalu berdiskusi meminta pendapat, orang yang sangat demokratis dan negarawan," pungkasnya.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Nazaruli