• News

  • Politik

PAN Siap Gabung dalam Paket Pimpinan MPR Bentukan PDIP

Wasekjen PAN Saleh Partaoanan Daulay
Manadonews
Wasekjen PAN Saleh Partaoanan Daulay

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Selain dengan parpol Koalisi Indonesia Kerja (KIK), PDIP juga membuka peluang membentuk paket pimpinan MPR 2019-2024 bersama eks parpol yang mengusung Prabowo-Sandi di Pilpres 2019. Dengan syarat, parpol tersebut mendukung agenda PDIP untuk amandemen terbatas UUD 1945.

Menanggapi hal itu, Wasekjen PAN Saleh Partaoanan Daulaymengatakan, partainya siap bergabung dalam paket pimpinan MPR yang diajukan PDIP, demi kepentingan masyarakat.

"PAN siap bergabung dengan semua fraksi dan kelompok DPD, yang penting, kepentingan masyarakat luas bisa terakomodir di sana," kata Saleh di Jakarta, Senin (12/8/2019).

Saleh pun mendukung usulan PDIP untuk amandemen terbatas UUD 1945 guna menghidupkan kembali Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN). Ia menilai usulan tersebut sangat bijak.

"Saya kira, usulan tersebut adalah usulan yang sangat bijak. Sebab, MPR harus dijadikan sebagai lembaga politik kebangsaan dimana semua fraksi dan kelompok menyatu. Di MPR mestinya tidak ada koalisi dan oposisi, tetapi justru yang perlu ditekankan adalah NKRI," paparnya.

Ditambahkan Saleh, agenda untuk amandemen terbatas UUD 1945 dan menghidupkan kembali GBHN, saat ini juga sudah disetujui semua fraksi dan kelompok DPD di MPR.

"Karena itu, arah yang disebutkan sudah sama, bahkan, poin-poin penting yang perlu diamandemen sudah dikaji selama satu periode ini," jelasnya.

Lebih lanjut, Saleh mengungkapkan bahwa sebelum berakhir masa jabatan MPR periode 2014-2019, MPR juga akan menyampaikan usulan rekomendasi, salah satunya terkait dengan aspek-aspek yang menyangkut amandemen terbatas UUD 1945.

"Sebelum mengakhiri periode ini, MPR nanti akan menyampaikan usulan rekomendasi. Rekomendasi itu juga terkait dengan aspek-aspek yang terkait dengan amandemen. Sekarang malah sudah pada tahap finalisasi sebelum nanti diputuskan di paripurna," tandas Saleh.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sulha Handayani