• News

  • Politik

Insya Allah, Prabowo Hadiri Pelantikan Jokowi

Prabowo diharapkan hadiri pelantikan Jokowi.
Metro
Prabowo diharapkan hadiri pelantikan Jokowi.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto akan menghadiri pelantikan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 pada 20 Oktober mendatang.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua MPR yang juga Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani usai rapat pimpinan (rapim) MPR membahas soal jadwal dan persiapkan pelantikan presiden dan wakil presiden.

"Ya Insya Allah (Prabowo hadiri pelantikan)," kata Muzani usai rapat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (9/10/2019).

Menurutnya, Prabowo kerap menghadiri pelantikan presiden dan wakil presiden, termasuk saat Jokowi-Jusuf Kalla dilantik 2014 lalu. Karenanya, ia menyebut kemungkinan besar Prabowo  juga hadir di pelantikan Jokowi-Ma'ruf.

"Kalau lihat tradisi ya, beliau kan datang ya. Waktu pelantikan Jokowi-Jusuf Kalla, Prabowo juga hadir sebagai salah satu saksi pelantikan," ujar Muzani.

Lebih lanjut, Muzani mengaku bakal menyampaikan hasil rapim MPR soal jadwal pelantikan presiden dan wakil presiden kepada Prabowo, supaya mantan Danjen Kopassus itu menyesuaikan agendanya.

"Ya, saya akan laporkan semua kepada beliau (Prabowo) hasil rapat ini, rapat 10 pimpinan MPR," jelas Muzani.

Diketahui, dalam rapim MPR hari ini menghasilkan beberapa keputusan, salah satunya soal jadwal pelantikan.
MPR sepakat mengusulkan pelantikan diundur dari pukul 10.00 WIB menjadi 14.00 WIB, dengan berbagai pertimbangan.

"Akhirnya kita sepakat untuk mengusulkan nanti baik kepada kesekjenan, maupun protokol Istana, baik juga kepada Presiden untuk dilakukan jam 14.00 WIB," kata Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet).

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sulha Handayani