• News

  • Rebranding

Ini Alasan Negara Lain Mengikuti Rebranding seperti Czechia

Ilustrasi: Peta Republik Ceko (Czech Republic)
DeviantArt
Ilustrasi: Peta Republik Ceko (Czech Republic)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Atas persetujuan Kabinet dan Perserikatan Bangsa-Bangsa, para pemimpin politik di Republik Ceko (Czech Republic) – sebuah negara kecil di Eropa Tengah – pada 14 April 2016 sepakat untuk memilih ‘Czechia’ sebagai nama alternatif resmi yang lebih singkat. 

Pemilihan itu mungkin dengan pertimbangan bahwa nama tersebut dirasa lebih lebih sesuai untuk berbagai produk, termasuk merchandise olahraga. Hal itu pun telah dilaporkan menginvestasikan USD 40 juta dalam sebuah kampanye pariwisata baru yang dibangun dengan nama baru tersebut.

Menariknya, cara rebranding, dalam bentuk penggantian nama tersebut diikuti pula oleh sejumah negara. Berikut adalah beberapa negara lain yang telah melakukan rebranding seperti yang dilakuan Ceko.

Pepsi Menghadiahi Republik Hellenik

Yunani bisa mengubah masalah keuangannya dengan cukup cepat jika pemerintah menganut modernitas dan berhasil meyakinkan raksasa perusahaan minuman ringan yang mapan tersebut untuk memberikan sponsor.

Niceland

Telah lama menjadi sumber kebingungan bagi beberapa orang bahwa Islandia merupakan medan terunggul di Bumi sementara Greenland hampir seluruhnya tertutup es. Namun, pada saat ini mungkin sudah terlambat untuk meminta mereka untuk saling bertukar posisi. Sebagai gantinya, bagaimana dengan menambahkan satu huruf ke Islandia dan mengubah keseluruhan citranya, Iceland menjadi Niceland.

Aotearoa

Selandia Baru atau New Zealand perlu memahami fakta bahwa ia bukan yang ‘baru’ lagi, dan bahwa kata "baru" membedakan provinsi Belanda ini dari ejaan namanya Zeeland. Nama Maori untuk negara ini adalah Aotearoa.

Jadi bagaimana bila menentang sikap kolonialis yang mengakibatkan tempat tersebut disebut tempat lain dan beralih kembali ke sana? Sebagai bonus tambahan, Aotearoa terdengar sedikit mirip dengan nama gadis peri di Lord of the Rings. 

Itulah tidak lain yang terlintas dalam pikiran ketika kebanyakan orang asing memikirkan Selandia Baru.

Korea Reguler

Orang-orang Korea Selatan bisa sedikit membedakan diri mereka, dan juga menusuk tetangga mereka di utara, dengan menggunakan moniker yang menyenangkan ini.

¡Cuba!

Nama Kuba mengingatkan kita akan dekade represi politik, kemiskinan, dan hubungan yang tegang dengan Amerika Serikat. Namun, setelah beralih ke nama ¡Cuba! dan warganya seperti tiba-tiba merasa negara kepulauan tersebut tampak seperti tempat yang menyenangkan dan seksi untuk bersantai, berdansa semalaman dan bahkan mungkin untuk jatuh cinta.

Republik Pacino

Jika Republik Slovenia berganti nama menjadi Republik Pacino, mungkin akan membujuk pemenang legendaris Academy Award, Al Pacino, untuk pindah ke sana, yang akan menjadi keuntungan nyata bagi negara kecil Eropa tengah tersebut.

Wienerville

Dalam beberapa tahun terakhir Amerika Serikat telah memberi dunia potensi kepresidenan bagi Trump atau Cruz, perang tak berujung di Timur Tengah, dan delapan film Fast and Furious, menunjukkan campuran antara kenaifan nakal, ketidakpedulian dan kadang-kadang kedengkian.

Apa yang perlu dilakukan Amerika adalah memberi isyarat damai ke seluruh dunia, dan apa cara yang lebih baik daripada rebranding sebagai sesuatu yang memalukan, seperti mungkin Weinerville? 

Tentu itu memalukan dan agak bodoh, tapi begitulah Ted Cruz, dan jika eksperimen itu berhasil dan Wienerville menjadi sedikit lebih santai, mereka tentu bisa mengubahnya kembali dalam satu abad atau lebih.

 

 

Reporter : Hermina W
Editor : Farida Denura
Sumber : theguardian.com