• News

  • Religi

88 Masjid di Manokwari Kumandang Shalat Gerhana

Kota Manokwari, Papua
Kota Manokwari, Papua

MANOKWARI, NETRALNEWS.COM - Sedikitnya 88 Masjid yang tersebar di  Kabupaten Manokwari, Papua Barat, menggelar salat sunah gerhana matahari pada Rabu (9/3/2016).

Menurut Pejabat Sementara (PS) Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama wilayah Kabupaten Manokwari, Halima Betty Bauw di Manokwari, mengatakan, pihaknya telah mendistribusikan surat edaran Menteri Agama sejak 25 Februari yang lalu.

"Hal itu kami lakukan agar surat yang berisi seruan melaksanakan salat gerhana dan tuntunan salat itu dapat dibacakan saat menjelang salat Jumat," kata Halim.

Ia menyebutkan, di wilayah kota Manokwari, surat tersebut langsung disampaikan ke Masjid-masjid. Untuk distrik-distrik terjauh, pendistribusian dilakukan melalui Kantor Urusan Agama (KUA) di wilayah masing-masing, ujar pejabat Bimas Islam tersebut.

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Manokwari Budiono kepada wartawan mengatakan, sejauh ini tidak ada peningkatan yang signifikan atas kunjungan wisatawan mancanegara di wilayah Manokwari.

"Sejauh ini belum ada laporan dari pihak hotel, apakah ada wisatawan asing yang datang untuk memantau gerhana di Manokwari. Jumlah warga negara asing sejak Januari tidak ada peningkatan," kata Budiono.

Sedangkan Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Rendani Manokwari, Denny Putiray menyebutkan, Manokwari belum memiliki alat untuk memantau gerhana tersebut sehingga pihaknya tidak dapat melaksanakan pemantauan.

"Di wilayah Papua dan Papua Barat, yang punya alat hanya stasiun Jayapura. Kemungkinan disana melakukan pemantauan," ujarnya.

Namun demikian, Denny Putiray mengimbau, masyarakat tidak melihat langsung ke arah matahari tanpa menggunakan alat pelindung kacamata khusus, sebab, sinar matahari saat gerhana beresiko terhadap kesehatan mata,ujar nya mengimbau.  

Penulis : Dominikus Lewuk
Reporter : Dominikus Lewuk
Editor : Hila Japi