• News

  • Religi

Diluncurkan, Buku Pendidikan Interreligius

Illustrasi. Buku Interreligius
Illustrasi. Buku Interreligius

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Buku yang berisi tentang kerukunan antaragama "Pendidikan Interreligius" diluncurkan di Kantor Gedung Dakwah Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Jakarta, Selasa (14/6/2016).

"Buku ini untuk pemahaman antarumat beragama sebagai sumber belajar untuk berbagai kalangan," kata salah satu anggota tim penulis "Pendidikan Interreligius", Sartana di acara peluncuran dan bedah buku tersebut.

Pembuatan buku, kata Sartana, merupakan respon dari perkembangan dunia yang semakin dinamis dengan keragaman suku, agama dan ras. Keragaman tersebut terkadang menjadi sebab perselisihan, bahkan sampai berdarah.

Pendidikan interreligius, lanjut dia, adalah model pendidikan yang tidak hanya berbicara tentang satu agama secara tertutup, tetapi juga mempertemukan nilai kebaikan tradisi Indonesia yang terbuka terhadap perbedaan.

Buku tersebut, kata dia, bukan untuk membentuk jenis kepercayaan baru meskipun mengambil pembelajaran dari berbagai ajaran agama. Tujuannya, adalah untuk menciptakan sikap saling mengerti dan toleransi antaragama.

Menurut dia, sumber belajar dari buku tersebut membedakan pendidikan multikulturalisme dan pendidikan perdamaian karena melibatkan konten ajaran agama. Di dalamnya terdapat penjabaran Bhinneka Tunggal Ika, Pancasila, ajaran Islam, Katolik, Protestan, Hindhu, Buddha, Khonghucu, agama leluhur Nusantara yang diwakili Sunda Wiwitan dan Kaharingan.

Buku "Pendidikan Interreligius" tersebut ditujukan untuk bahan pengayaan pendidikan agama, masing-masing untuk tingkat SMA, perguruan tinggi dan sektor pendidikan nonformal.

Editor : Marcel Rombe Baan
Sumber : Antara