• News

  • Religi

MCM Dorong Kemenag Periksa Arah Kiblat di Setiap Masjid

Ilustrasi Arah Kiblat
Sorot
Ilustrasi Arah Kiblat

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Masyarakat Cinta Masjid (MCM) mendorong Kementerian Agama (Kemenag) RI untuk memeriksa arah kiblat pada setiap masjid. Saat ini, ada lebih dari satu juta masjid yang ada di Indonesia yang memerlukan pengaturan kembali arah kiblat.

"Harusnya menteri agama putuskan saat matahari tepat di atas Ka'bah agar arah Masjid akurat menghadap Ka'bah," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) MCM, Ashraf Ali di Jakarta, Selasa (16/7/2019).

"Jadi, harus ada koordinasi yang kuat antar kementrian dan lembaga, baik Kementerian agama dan BMKG atau lapan. Jangan sampai arah kiblat tidak sesuai. Ada sejuta mesjid di Indonesia dan di Jakarta ada 5 ribu mesjid," lanjutnya.

Menurutnya, tidak sedikit arah kiblat masjid mengalami melenceng dari arah Ka'bah. Selain karena awalnya pembangunan mesjid yang dilakukan tanpa alat yang presisi, juga karena perubahan pergerakan benda-benda langit di alam semesta.

"Kalau bisa, buat alat atau aplikasi khusus untuk penentu kiblat ini. Sehingga, rakyat bisa mengacu ke alat yang sudah diverifikasi kemenag. Kalau sekarang kan bukan dari kementerian agama. Itu kan dari Mekah, siapa yang cerita, kita kan nggak tahu. Itu harus direspon kementerian agama," ujar Ashraf.

Sebelumnya, dalam media sosial beredar postingan bahwa pada tanggal 15 dan 16 Juli ini, Matahari tepat di atas Ka'bah pada pukul 12.26 waktu Arab Saudi atau pukul 16.26 WIB. Masyarakat diminta menyesuaikan arah kiblat itu agar benar-benar menghadap Ka'bah.

Melalui fenomena itu, bayangan Ka'bah tidak muncul karena matahari yang tegak lurus tersebut. Bahkan, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menyatakan saatnya menyempurnakan atau memperbaiki arah kiblat melalui fenomena matahari di atas kabah pada 15 Juli 2019. 

Gerak tahunan matahari melintasi lintang Mekkah sebanyak dua kali, yakni pada 27-28 Mei dan 15-16 Juli 2019. Pada saat tengah hari di Mekkah yakni pukul 16.27 WIB pada 15 Juli 2019, matahari tepat berada di atas Mekkah. 

Matahari tepat di atas Mekkah, artinya pada saat itu seluruh dunia yang melihat matahari berarti sedang menghadap ke arah Mekkah. Itulah arah kiblat.

Masih banyak masjid lama yang arah kiblatnya belum diukur dengan akurat. Musala di rumah juga mungkin baru dikira-kira arah kiblatnya.  

Untuk menyempurnakan arah kiblat, maka dapat melihat arah bayangan matahari sore hari antara pukul 16.22 WIB- 17.32 WIB pada 13 - 17 Juli 2019. Pada saat itu, matahari sedang berada di atas Mekkah.

 

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Firman Qusnulyakin