• News

  • Religi

Jelang Idul Adha, Siswa MAN Dilatih Sembelih Hewan Kurban

Siswa MAN Tambak Beras Belajar sembeli hewan kurban.(Ilustrasi:NU)
Siswa MAN Tambak Beras Belajar sembeli hewan kurban.(Ilustrasi:NU)

JOMBANG, NETRALNEWS.COM - Menjelang Hari Raya Idul Adha, sejumlah siswa MAN Tambakberas Jombang dilatih cara menyembelih hewan kurban sesuai syariat Islam.

Kepala MAN Tambakberas Jombang, Sutrisno, mengatakan kegiatan ini guna memberikan bekal kepada siswa terkait bagaimana tatacara menyembelih hewan kurban dengan baik. Selain itu, belakangan ini, dari kalangan siswa masih minim yang cukup mengerti tentang cara menyembelih hewan kurban.

"Mereka kita berikan materi dan praktek cara menyembelih hewan korban. Ini agar saat mereka terjun di masyarakat bisa bermanfaat," ujar Sutrisno, seperti dikutip dari laman NU.online, Kamis (31/082017).

Kegiatan berlangsung di halaman MAN Tambakberas. Sejumlah siswa berkumpul dan mempraktikkan penyembelihan hewan kurban pada boneka kambing yang sudah disediakan sekolah.

Sutrisno berharap, simulasi ini dapat membantu siswa dalam mempraktikkan cara menyembelih hewan kurban yang sesungguhnya di lingkungan masyarakatnya nanti. Apalagi, ujar dia, tak banyak masyarakat yang memahami dengan baik terkait materi penyembelihan hewan kurban.

"Kita melihat kondisi masyarakat pada umumnya masih banyak yang minim tentang adanya pengetahuan penyembelihan hewan dengan baik. Sebab itu, siswa kita berikan pendidikan penyembelihan ini," jelasnya.

Sementara itu, Zainal Abidin, salah satu siswa MAN Tambakberas mengaku senang telah menerima banyak pengetahuan penyembelihan hewan kurban melalui simulasi ini.

"Sangat senang dalam pelajaran khusus ini. Sebab kita selama ini masih belum tahu bagaimana cara menyembelih hewan kurban dengan baik," ujar Zainal.

Editor : Sulha Handayani