• News

  • Ritel

Pesta Diskon Anti Golput, Ratusan Brand Ternama Tawarkan Potongan Harga hingga 50 Persen

Ilustrasi jari dicelup tinta biru di Pemilu.
NNC/Anhar Rizki Affandi
Ilustrasi jari dicelup tinta biru di Pemilu.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM -  Dalam rangka mendorong tingkat partisipasi pemilih dan meminimalkan angka golput di gelaran pesta demokrasi tahun ini, lebih 250 brand dan gerai ternama berpartisipasi dalam program diskon belanja nasional KlingKing Fun – Pesta Diskon Anti Golput.

Program ini didukung pula oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) serta Jaringan 107 Radio Peduli Pemilu.

Besaran diskon bisa mencapai 50 persen dengan berbagai bentuknya. Program ini melibatkan lebih dari 250 brand dan jaringan retail ternama, mulai dari toko online, fashion, makanan-minuman, sinema, dan banyak lainnya.

Beberapa di antaranya adalah; Tokopedia, Sogo, Seibu, Wacoal, Sushi Tei, Alfamart, Cinema XXI, ACE Hardware, Electronic City, dan banyak lainnya.

Tokoh pengusaha nasional yang telah terlibat dalam hampir semua pemilu di negeri ini sejak 1971, Sofjan Wanandi, menyatakan pemilu ini mencatat sejarah baru dalam hal partisipasi aktif pengusaha.

“Perlu dicatat, baru di pemilu ini saya melihat para pengusaha berbondong-bondong tampil terbuka mendukung dan berpartisipasi aktif. Ini bagus sekali untuk demokrasi," kata Sofjan.

Kepala Bekraf Triawan Munaf mengatakan, perlu cara-cara kreatif untuk ikut mendorong partisipasi warga pada Pemilu serentak 17 April 2019. “Semoga program KlingKing Fun dapat memeriahkan pesta demokrasi terbesar ini.” katanya.

Sementara, Menteri Kominfo Rudiantara menyambut baik dan mendukung inisiatif KlingKing Fun sebagai salah satu program untuk melakukan sosialisasi pemilu dan meningkatkan partisipasi politik masyarakat.

"KlingKing Fun merupakan inisiatif dan terobosan yang sangat baik dan telah kami integrasikan ke dalam program sosialisasi Pemilu 2019 secara nasional,” tuturnya.

Tokoh pengusaha perempuan nasional, Shinta Kamdani, menjelaskan brand partners yang tergabung dalam program Klingking Fun, berasal dari brand lokal maupun internasional.

Disebutkannya, Klingking Fun murni inisiatif pengusaha untuk mengajak masyarakat menggunakan hak pilih Pemilu kemudian bergembira bersama-sama keluargadan sahabat untuk memanfaatkan berbagai diskon yang ada.

“Caranya mudah, tinggal tunjukkan atau foto jari yang dicelup tinta biru tanda sudah mencoblos. Pemilih langsung bisa mendapatkan diskon, voucher, dan banyak promo lainnya,” kata Shinta dalam keterangan tertulis, Senin (15/4/2019).

Pesta diskon Pemilu Klingking Fun menyasar 192 juta pemilih yang tercatat di Daftar Pemilih Tetap Pemilihan Legislatif dan Presiden 2019.

Adapun, tingkat partisipasi pemilih di pemilu-pemilu Indonesia di Era Reformasi tergolong sangat tinggi, yaitu 84 persen pada Pemilu 2004, 71 persen di Pemilu 2009, lalu 74 persen di Pemilu 2014 lalu. Tingkat partisipasi pada Pemilu 2019 ditagetkan capai 77,5 persen.

Reporter : PD Djuarno
Editor : Irawan.H.P