• News

  • Romansa

5 Cara Agar Rasa Cemburu Tak Usik Keharmonisan Hubungan

Ilustrasi cemburu.(dok.science)
Ilustrasi cemburu.(dok.science)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Siapa yang tak pernah merasakan yang namanya cemburu pada pasangan. Perasaan yang satu ini memang wajar terjadi pada setiap orang. 

Masing-masing orang pun memiliki cara yang berbeda dalam mengungkapkan rasa cemburunya. Namun, tak jarang rasa cemburu yang berlebihan membuat hubungan menjadi kacau. 

Lantas, bagaimana mengolah rasa cemburu dalam hati agar tidak mengganggu keharmonisan hubungan Anda dan pasangan?

Meredam perasaan yang timbul dalam hati memang tidaklah mudah, tapi bukan berarti tidak bisa dikelola sehingga terungkapkan secara positif. Begitu pula dengan rasa cemburu. 

Nah, agar bisa diungkapkan dengan baik pada pasangan diperlukan cara yang baik pula. Berikut tips mengungkapkan rasa cemburu yang baik kepada pasangan dilansir dari berbagai sumber:

1. Kendalikan Emosi 

Ketika perasaan cemburu itu muncul jangan langsung terbawa emosi sehingga menimbulkan reaksi negatif terhadap orang lain di sekitar Anda dan pekerjaan Anda. Rasa cemburu memang perlu untuk diungkapkan namun Anda perlu mengendalikan emosi Anda.

2. Ungkapkan dengan Tenang 

Rasa cemburu yang timbul dalam hati kita memang sangat perlu diungkapkan pada pasangan hanya saja diperlukan cara yang tepat agar apa yang kita ungkapkan diterima oleh pasangan. Hal utama yang perlu Anda sadari adalah sikap tenang ketika membicarakan perasaan Anda. Mengungkapkan atau mengutarakan apa yang membuat Anda cemburu dengan tenang tentu membuat pasangan tidak merasa seperti seorang tertuduh.

3. Berpikir Positif 

Rasa cemburu pastinya didasarkan oleh dugaan-dugaan yang diperoleh dari pikiran negatif kita mengenai pasangan. Misalnya, “pasangan saya mulai terlambat pulang kerja, mungkin ia kencan dengan orang lain”, kita bisa ganti pikiran negatif ini dengan “pasangan saya mulai terlambat pulang kerja, mungkin ada pekerjaan tambahan yang harus ia kerjakan”. 

Kemudian kita dapat melanjutkannya dengan menanyakan dugaan dari pikiran positif kita kepada pasangan, misalnya “pekerjaan kamu bertambah banyak ya sehingga kamu pulang terlambat hari ini.” Rasa cemburu juga dapat ditunjukkan melalui pembahasan sebagai bahan diskusi dengan pasangan.

4. Bangun Kelekatan Emosi dengan Pasangan 

Yang paling utama dalam menghadapi rasa cemburu adalah kita mampu untuk mengendalikannya agar bisa hilang atau berkurang frekuensinya. Caranya adalah dengan menjalin relasi dan kelekatan emosi dengan pasangan. Hal ini dapat dilakukan melalui melakukan kegiatan bersama pasangan, dan selalu saling berkomunikasi dengan pasangan.

Kelekatan emosi yang aman (securely attachment) berarti percaya terhadap kehadiran dan tanggung jawab pasangan, serta percaya akan kekuatan pasangan untuk menghadirkan perasaan aman. Perasaan ini dapat dibangun sejak terbentuknya ikatan perkawinan melalui menjalin interaksi yang kuat dengan pasangan, misalnya, saling komunikasi dan bercerita tentang pekerjaan, harapan, tujuan, dan kesedihan.

5. Buat Komitmen 

Hal mendasar ketika Anda dan pasangan sepakat untuk membangun suatu hubungan adalah adanya komitmen. Sejak awal komunikasikan komitmen Anda dan pasangan mengenai bagaimana pola hubungan yang akan Anda berdua jalani, frekuensi komunikasi, aktivitas yang dijalani masing-masing, dan lain-lain. Jika Anda dan pasangan sudah memiliki kesepakatan sejak awal tentunya tidak akan ada prasangka atau rasa tidak percaya pada pasangan. 

 

Reporter : Christophorus Aji Saputro
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya