• News

  • Romansa

Tips Tetap Mesra dengan Pasangan Meski Sudah Lama Menikah

Ilustrasi pasangan.(dok.sustec)
Ilustrasi pasangan.(dok.sustec)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ketika menjalani suatu hubungan, tak jarang kita terjebak dalam suatu rutinitas dan akhirnya menimbulkan kebosanan. Banyak faktor yang mempengaruhi sebuah hubungan itu bisa menjadi hambar. 

Kesibukan, stres, masalah keuangan dan anak, hingga perubahan hormon dapat menjadi penyebab timbulnya perubahan sikap pasangan. Apalagi pasangan yang menjalani kehidupan pernikahan memiliki dua karakter, latar belakang, dan kehidupan sosial yang berbeda.

Ternyata tak hanya itu, Adriana Ginandjar, M.Psi, Konselor Perkawinan, mengatakan bahwa perubahan hormon juga mempengaruhi kemesraan yang ada di dalam rumah tangga. 

Pada awal-awal menikah memang hormon akan rasa mesra itu masih tinggi namun seiring berjalannya waktu hormon itu menurun dengan sendirinya. Belum lagi ketika berbagai masalah dalam rumah tangga muncul, memiliki anak, kesibukan bekerja, dan akhirnya waktu untuk mengobrol berdua pun jadi sedikit.

Berapa lama usia pernikahan pun tidak selalu menentukan kebosanan akan timbul atau tidak. Jadi, tidak bisa ditentukan kapan kebosanan itu akan timbul. Yang pasti ketika terjebak dalam rutinitas yang sama setiap hari, misal sama-sama bekerja dan ketika pulang ke rumah hanya itu-itu saja yang dilakukan, lama-lama kebosanan akan timbul juga.

Ketika terjebak dalam kegiatan yang sama setiap hari ditambah dengan kelelahan akan membuat Anda tidak bisa berpikir untuk berkreasi dalam menemukan hal baru dalam menjalani hubungan pernikahan. Pada pasangan yang masih berusia muda biasanya kebosanan lebih mudah muncul dalam pernikahan.

Selain dengan saling mengisi kekurangan satu sama lain, ada beberapa cara dalam mempertahankan kemesraan dalam rumah tangga, di antaranya:

1. Buat Ritual 

Buatlah ritual bersama dengan pasangan yang dapat membangun kemesraan. Misalnya, selalu mengusahakan untuk makan malam bersama setiap hari sehingga bisa saling mengobrol dan anak pun bisa melihat bagaimana orangtua mereka menjalin komunikasi. Atau setiap akhir pekan meluangkan waktu untuk pergi bersama, kalaupun tidak bisa satu minggu sekali bisa dua minggu sekali.

2. Ungkapkan Perasaan 

Bertambahnya usia perkawinan, bertambah pula berbagai macam persoalan. Masalah pekerjaan, keuangan, hingga anak kadang membuat lupa hubungan mesra dengan pasangan. Ketika sudah memiliki anak, istri hanya fokus pada anak seolah lupa bahwa mereka punya suami. Suami menganggap setelah menikah sudah bukan saatnya lagi mesra-mesraan, bekerja dengan giat menjadi ungkapan rasa cinta mereka. Padahal rasa cinta itu harus selalu ditunjukkan, tidak harus selalu dengan kata-kata, dengan memuji juga bisa, bisa juga meluangkan waktu bersama.

3. Kesediaan Mendengar 

Komunikasi memang menjadi fondasi utama dalam perkawinan. Namun, komunikasi yang tidak berjalan bukan karena jarang bicara, tapi tidak adanya kesediaan untuk mendengar satu sama lain. Segala macam pembicaraan inginnya dilakukan dengan cepat agar bisa melakukan hal yang lain.

Tidak adanya kesediaan untuk mendengar ini yang bisa memicu pertengkaran karena setiap akan mengutarakan sesuatu pasangan lainnya tidak serius mendengarkan. Hadirlah seutuhnya ketika pasangan ingin bicara dan dengan sabar dengarkan apa yang ia sampaikan.

4. Berikan Pujian 

Ini yang mungkin seringkali terlupakan. Penggunaan kata-kata yang menyakitkan dan kritikan yang mendominasi dalam kehidupan sehari-hari. Anda dan pasangan harus bisa saling memahami peran masing-masing. Istri memahami bagaimana suami sudah bekerja keras untuk kelangsungan hidup keluarga dan suami memahami bagaimana istri sudah bersusah payah mengasuh anak seharian.

Dari saling memahami akan peran yang sudah dilakukan masing-masing maka akan timbul saling menghargai. Berikan kata-kata pujian pada pasangan. Tidak perlu harus menunggu saat yang khusus, dari mulai hal yang sederhana misalnya memuji masakan juga bisa dilakukan.

5. Komunikasi Seksual 

Satu hal lagi yang tidak boleh dilupakan adalah komunikasi seksual. Apalagi bagi pasangan muda. Komunikasi ini juga penting dalam kehidupan rumah tangga untuk menjaga keharmonisan. Sesekali mengirimkan SMS mesra pada pasangan sehingga pasangan lebih merasa diperhatikan dan dicintai. Lakukan hubungan seks dengan konsisten bukan karena sudah lama tidak melakukan dan saling terbuka dalam berkomunikasi mengenai hal tersebut. 

 

 

Reporter : Christophorus Aji Saputro
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya