• News

  • Singkap Budaya

Inilah  5 Waktu Paling Pas untuk Nikah dan Bikin Pernikahanmu Awet

Pengantin adat Jawa Tengah
adat-tradisional.blogspot
Pengantin adat Jawa Tengah

SEMARANG, JAWA TENGAH, NETRALNEWS.COM - Banyak orang mengatakan semua hari itu baik dan sama saja. Semua bulan dan tahun juga baik dan sama saja. Jadi, seseorang membuat atau mengadakan hajatan atau resepsi pernikahan atau acara apa pun sama saja atau boleh-boleh saja, tidak ada yang melarangnya.

Tetapi, banyak suku di Nusantara ini juga yang memiliki pertimbangan dan tradisi yang berbeda yang berkaitan dengan hari, bulan, atau tahun. Karena semua suku memiliki tradisi yang berbeda pula. Sehingga, banyak suku pula yang mengatakan bahwa dari sisi tradisi dan keyakinan, tidak semua hari dan bulan itu sama. Semua pasti punya alasannya sendiri-sendiri.

Salah satu acara ritual yang tidak boleh dilaksanakan begitu saja tanpa pertimbangan dan penilaian soal waktu, hari atau bulan, adalah ritual pernikahan. Karena ada kekhawatiran, jika itu dilakukan dengan tidak mempertimbangkan hari dan bulan, bisa berakibat buruk bagi pasangan yang menikah.  

Salah satu suku yang paling teliti dalam memilih waktu untuk melaksanakan pernikahan adalah Jawa. Orang Jawa memiliki keyakinan tersendiri soal waktu agar pernikahan yang terjadi sekali seumur hidup tersebut bisa langgeng. 

Berikut ini hari-hari baik bagi orang-orang Jawa untuk mengadakan kenduri pernikahan. 

Bulan Besar

Bulan Besar dalam kalender Jawa merupakan bulan jatuhnya hari raya Idul Adha. Bulan besar dipercaya sebagai bulan paling baik dalam melangsungkan pernikahan, karena pasangan yang menikah akan senang dan dikaruniai keselamatan serta rezeki yang melimpah. 

Tanggal yang cocok bisa disesuaikan dengan hari pasaran atau weton dari masing-masing. Namun, disarankan juga bahwa tanggal 12, 14 atau 5 di bulan Besar merupakan tanggal yang baik. Jadi, sebelum menikah nanti biasakan untuk hitung-menghitung dulu ya, guys, agar bisa senang dan selamat.

Bulan Jumadil Akhir

Dalam kalender Jawa, Jumadil Akhir merupakan bulan keenam setelah Jumadil Awal. Jika Jumadil Awal dipercaya bukan bulan yang baik untuk melaksanakan pernikahan, kebalikannya yaitu Jumadil Akhir lah yang disebut-sebut sebagai waktu yang baik. 

Karena diyakini mereka akan mendapat rezeki yang melimpah.  Dan jika ada masalah dalam keluarga, akan dengan mudah diselesaikan, diyakini keluarga akan tetap harmonis.

 Walau bagaimanapun, bulan Jumadil Akhir juga memiliki tanggal yang paling baik di antara yang lainnya, yaitu 2, 10, atau 14.

Bulan Rejeb

Bulan Rejeb juga merupakan bulan yang baik selain ketiga waktu di atas. Dipercaya bulan Rejeb akan membawa banyak kawan yang datang ketika prosesi pernikahan dilangsungkan, sehingga lebih banyak yang mendoakan agar bahtera rumah tangganya selamat.

Bulan Rejeb juga bisa membawa keuntungan bagi kedua mempelai. Semisal salah satu dari pasangan tersebut merupakan seorang pedagang, bisa-bisa ia akan selalu beruntung dalam usahanya. Namun, ada beberapa tanggal yang harus dihindari dalam bulan ini jika tidak ingin bernasib sial, yaitu 1, 6, 11, dan 13.

Bulan Syawal

Bulan Syawal merupakan bulan jatuhnya hari raya Idul Fitri. Meski banyak yang menyarankan jangan menikah di bulan ini, namun waktu hari raya ini merupakan hari yang baik pula, sehingga masih dianjurkan untuk melakukan prosesi pernikahan.

Biasanya banyak orang Jawa memilih tanggal setelah jatuhnya hari raya umat Islam tersebut. Namun, netizen yang ingin mencoba harus tetap waspada, jangan sampai melebihi bulan Syawal karena setelahnya akan jatuh Dulkaidah yang dipercaya akan membuat kedua mempelai sakit-sakitan jika menikah di bulan tersebut.

Bulan Ruwah

Urutan bulan Ruwah pas sekali setelah bulan Rejeb, sehingga para mempelai tak perlu khawatir jika sudah berganti bulan, karena akan tetap menjadi waktu yang baik dalam melaksanakan pernikahan. 

Dipercaya menikah di bulan ini akan mendatangkan keselamatan dan kedamaian dalam rumah tangganya. Namun, akan ada saatnya ketika datang keuntungan yang tidak terlalu besar, sehingga apa pun yang datang ke dalam rumah tangganya harus selalu disyukuri.

Tanggal yang dipercaya baik untuk menjadi pilihan ada beberapa, yaitu 1, 5, atau 14. Biasanya 13 memang dipercaya sebagai tanggal sial, namun di bulan ini waktu tersebut juga aman untuk melakukan prosesi pernikahan. Namun, walau bagaimanapun hari pasaran atau weton kedua mempelai juga wajib diperhitungkan.

Apakah Anda percaya atau tidak, terserah, tetapi itulah tradisi Jawa yang sudah berlangsung secara turun temurun.

Editor : Thomas Koten
Sumber : Dari berbagai sumber

Apa Reaksi Anda?