• News

  • Singkap Budaya

Seorang Janda Ingin Kawin Lagi, Harus Minta Ijin Mantan Suaminya! Kenapa?  

Wanita Madura
negaraislam
Wanita Madura

SUMENEP, NNC - Adat atau tradisi dan kepribadian orang Madura merupakan titik tolak terbentuknya watak dengan prinsip teguh yang dipengaruhi oleh karakteristik geografis daerahnya yang keras. 

Dengan alam yang keras, membuat seseorang harus lihai bersosialisasi dan beradaptasi dengan lingkungan. Itulah bisa dimengerti  kenapa orang Madura itu memiliki kepribadian yang keras dengan sikap toleransi yang tinggi dan supel dalam pergaulan. 

Dengan banyaknya bergaul, membuat orang Madura juga sangat menghormati orang lain. Namun, hanya karena orang Madura itu tinggal di kepulauan, maka orang Madura di zaman dulu kurang mendapat kesempatan untuk berinteraksi dengan dunia luar. 

Akibat lanjutannya, seperti dikatakan Syaf Anton Wr, seorang sastrawan tinggal di Sumenep Madura,yang tulisannya dielaborasi dalam paparan ini, bahwa orang Madura menjadi sangat berhati-hati, dan akibatnya sesuatu yang datang dari luar merupakan ancaman bagi dirinya.

Meskipun pada dasarnya mereka konservatif, yakni berusaha memelihara dan menjamin nilai-nilai yang mengakar dalam dirinya. Karena orang Madura terkenal dengan tingginya rasa cinta terhadap adat istiadat yang berasal dari leluhur.

Tapi dalam segi yang lain, orang Madura menunjukkan naluri yang kuat untuk menjamin dan bertahan kelangsungan hidup, karena mereka didorong untuk menerima dan memanfaatkan nilai-nilai yang terserap dari luar.

Bagi orang Madura, selalu terbungkus dalam filosofi ini, antara Carok, Wanita dan Harga Diri. Dalam hal mana, tiang penyangga kuatnya tradisi Madura tak lepas dari prinsip “ Lebbhi bagus pote tolang etembheng pote mata”

Editor : Thomas Koten

Apa Reaksi Anda?