• News

  • Singkap Budaya

Ingin Tahu Kenapa Gempa Bumi? Karena Dewa yang Lagi Galau!

Dewa Ruaumoko
anehdidunia
Dewa Ruaumoko

ATHENA, NNC - Gempa bumi kembali mengguncang Garut, Tasikmalaya, Ada yang bilang gempa bumi juga mengguncang  dan sekitarnya. Kita juga tahu bahwa gempa bumi itu terjadi di berbagai daerah di Tanah Air dan di banyak negara.

Sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahun dan teknologi, akhir dikatakan bahwa gempa bumi itu disebabkan oleh pergeseran lempeng atau kerak bumi.  Dunia pun meyakini kebenaran ini.

Tetapi, tahukah Anda sebelum perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi seperti sekarang ini, orang dulu berbagai daerah dan di Tanah Air memiliki kepercayaan khusus tentang gempa bumi itu?

Di bawah ini dipaparkan aneka macam kepercayaan orang tentang gempa bumi itu, kebanyakan berupa mitos, baik di Indonesia maupun di berbagai negara di dunia. Apa itu?

1.Karena Lele Raksasa, Namazu – Jepang

Bagi orang Jepang, gempa terjadi akibat gerakan kuat dari Namazu, atau yang dikenal sebagai lele raksasa.

Lele raksasa itu disegel oleh Kashima (dewa perang) di lapisan lumpur di bawah permukaan tanah, tepatnya disebuah batu. Apabila segel Kashima melemah, Namazu akan berontak dan mengakibatkan gempa dahsyat.

2.Bayi Dewa Ruaumoko bergerak - Selandia Baru

Berdasarkan mitologi dari suku asli Selandia Baru, Maori, Bumi ini bernama Papatuanuku. Papatuanuku sendiri dikatakan sedang mengandung seorang dewa bernama 'Ru'.

Gempa akan terjadi saat bayi dewa Ru dalam kandungan Papatuanuku bergerak, seperti menendang-nendang.

3.Dewa Bumi Mengguncang Loki – Skandinavia

Ternyata, kisah jahat Loki tidak hanya ada di film The Avenger saja. Bagi bangsa Skandinavia yang memiliki legenda dewa Norse, gempa Bumi kerap mengguncang saat Loki membuat keonaran.

Dikatan jika Loki membunuh Balder, dewa kecantikan dan cahaya. Sebagai hukuman, Loki dikurung dalam sebuah gua dengan seekor ular beracun di atas kepalanya yang terus meneteskan racun.

Saat racun itu menetes di wajah Loki, dewa itu akan berontak dan menggetarkan Bumi.

4.Dewa Tuli Kegatalan – Rusia

Menurut legenda bangsa Rusia, Bumi ini terbaring di atas dewa anjing bernama Tuli. Dan sama seperti anjing lainnya, Tuli juga mempunyai kutu.

Ketika Tuli merasa gatal dan menggaruk kutu yang ada di tubuhnya itulah, Bumi akan bergetar.

Editor : Thomas Koten