• News

  • Singkap Budaya

Sosok Dayak Seperti Inilah yang Membuat Belanda Takut

Pasukan Hantu dari Suku Dayak
Kuririnfo
Pasukan Hantu dari Suku Dayak

JAKARTA, NNC - Di balik kesenyapan yang dimiliki Pasukan Hantu, sumpit yang digunakan sebagai senjata ternyata lebih mematikan daripada senjata modern Belanda pada saat itu.
Pengaruh Belanda pada masa prakemerdekaan sangatlah besar bagi tanah Nusantara. Selama 350 tahun Nusantara dijajah untuk dieksplorasi hasil buminya demi kepuasan kolonial.
 
Banyak gerakan-gerakan perlawanan untuk menghentikan penjajahan dibentuk oleh bangsa Indonesia, walaupun banyak pula gerakan-gerakan tersebut diredam penjajah.

Namun, walaupun begitu, dari banyaknya daerah yang menjadi kekuasaan dari penjajah, terdapat satu daerah yang tidak berhasil dikuasai oleh Belanda. Daerah itu adalah pedalaman Kalimantan.

Pulau Kalimantan atau Borneo sangat terkenal dengan Suku Dayak yang merupakan suku asli pulau tersebut. Suku tersebutlah yang melakukan banyak perlawanan terhadap Belanda, yang mengakibatkan Belanda tidak berhasil memasuki daerah pedalaman.

Itulah sebab mengapa pengaruh Belanda dalam sejarah kontemporer hanya berhasil menduduki daerah perkotaan-perkotaan besar saja.

Daerah pedalaman menjadi tempat yang cukup mengerikan bagi Belanda untuk dimasuki. Selain karena banyaknya hewan-hewan liar dan hutan yang lebat, Pasukan Hantu adalah pasukan yang dapat menggentarkan nyali pasukan Belanda untuk masuk semakin jauh ke pedalaman. Pasukan Hantu tersebut adalah pasukan-pasukan yang dibentuk oleh Suku Dayak yang berada di pedalaman hutan.

Suku Dayak pada masa itu adalah suku yang mendiami pedalaman hutan. Oleh mereka, hutan dijadikan sebagai sarana untuk mereka berperang melawan pasukan Belanda yang mencoba memasuki pedalaman.

Dengan bersembunyi di batang-batang pohon atau celah-celah hutan lainnya, Pasukan Dayak tidak dapat terbaca gerakannya oleh pasukan Belanda, karena gerakan mereka senyap dan hening, sehingga sangat sulit untuk terdeteksi. Sehingga Pasukan Dayak ini dikenal dengan Pasukan Hantu. Mereka adalah pasukan-pasukan terbaik yang ada di Suku Dayak.

Karena berada di pedalaman hutan, bahan-bahan yang digunakan untuk melawan pun berasal dari alam, seperti alat utama yang mereka gunakan untuk berperang yang berupa sebuah sumpit yang digunakan dengan cara ditiup. Sumpit tersebut mengeluarkan peluru yang telah dilumuri racun yang disebut dengan nama Damek.

Reporter : Thomas Koten
Editor : Y.C Kurniantoro
Sumber : Dari berbagai sumber