• News

  • Singkap Budaya

Ingin Cepat Jodoh, Datanglah ke Gua Ini, Tapi Awas Batu Perawan Sunti! 

Gua Sunyaragi
titissoeparno.blogspot
Gua Sunyaragi

CIREBON, NNC - Semua suku di Nusantara punya mitos dan legenda.  Mitos dan legenda berkaitan dengan kisah masa lalu yang berhubunan dengan alam, dan diyakini kebenarannya.  Kalau soal keyakinan, iya tergantung dan kembali kepada diri sendiri.

Salah satu mitos yang menarik diikuti dan disimak adalah soal kisah dan keyakinan yang bertautan dengan Gua Sunyaragi yang ada di sekitar Cirebon, tepatnya hanya beberapa kilometer dari terminal pusat kota Cirebon yakni terminal Harjamukti, Lokasi Gua Sunyaragi adalah di kelurahan Sunyaragi Kesambi Kota Cirebon.

Gua Sunyaragi dibangun selama tiga periode, dan diprakarsai oleh Pangeran Emas Zaenul Arifin atau Panembahan Ratu Pertama di awal abad ke-18. Kini, Gua Sunyaragi lebih populer didatangi wisatawan yang ingin menyaksikan langsung keunikan sejarah Cirebon ini.

Gua Sunyaragi atau juga disebut Taman Sari Gua Sunyaragi, merupakan tempat pertapaan sekaligus tempat penggemblengan tentara kesultanan Cirebon dahulu kala. Ketika detikTravel berkunjung ke Gua Sunyaragi pekan lalu, ternyata Gua Sunyaragi juga punya banyak mitos soal jodoh; mitos sulit jodoh dan enteng atau gampang dapat jodoh.

Mitos jodoh pertama dapat Anda temukan di salah satu bagian Gua Peteng yang masih berada di komplek Gua Sunyaragi. Tepat di depan pintu masuk gua setelah melewati kolam, terdapat patung batu Perawan Sunti yang sangat dikeramatkan.

Artinya, di gua itu, ada semacam kontradiksi, di satu sisi Anda bisa cepat mendapatkan jodoh, tetapi di sisi lain malah menjadi sangat sulit untuk mendapatkan jodoh jika tidak hati-hati lalu memegang patung batu Perawan Sunti.

Apabila banyak objek sejarah yang bikin enteng jodoh, ini malah kebalikannya. Konon siapa pun yang memegang batu persebut, akan sulit jodoh. Percaya tidak percaya, Anda sebaiknya memakai tour guide, daripada salah pegang dan malah kejadian.

Apabila seandainya Anda tidak sengaja memegang patung batu Perawan Sunti, mungkin ada baiknya Anda 'berobat' ke Gua Kelanggengan yang berada tidak jauh dari pohon lengkeng yang sudah berumur ratusan tahun dan tinggal kulitnya saja.

Khusus tentang Patung Batu Prawan Sunti ini menurut masyarakat sekitar, apabila seorang perempuan yang masih perawan memegang Patung Batu Prawan Sunti tersebut konon katanya akan menjadi perawan tua, alias susah mendapat jodohnya. 

Terlepas benar apa tidaknya karena yang namanya jodoh itu Kuasa Ilahi, akan tetapi masyarakat sekitar masih memegang teguh apa yang mereka kramatkan tentang Patung Batu Prawan Sunti tersebut.

Kalau sudah demikian, silakan pikir sendiri, lebih baik kunjungi Gua Sunyaragi atau tidak. Jangan-jangan Anda malah ingin pegang Patung Batu Perawan Sunti! Siap jadi perawan tua deh! Percaya!

Sumber: Dari berbagai sumber

 

Editor : Thomas Koten