• News

  • Singkap Budaya

Halal, Resep Tradisional Tionghoa Ini Sangat Layak untuk Sajian Ramadan

Ilustrasi masakan Angto Mi dan Lang Pun
Netralnews/Taat Ujianto
Ilustrasi masakan Angto Mi dan Lang Pun

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Etnis Tionghoa di Nusantara, memiliki kekayaan budaya resep masakan tradisional warisan leluhur yang melimpah. Dalam rangka Bulan Suci Ramadan, 2 resep makanan halal berikut, dipastikan akan menambah hari-hari ibadah puasa Anda semakin menggembirakan.

Resep masakan yang diadopsi dari Sinergi Edisi ke-31/Tahun III/2001 berikut ini, bisa untuk menu berbuka puasa maupun untuk makan sahur. Nama makanannya adalah Angto Mi dan Lang Pun (Salada Dingin). Anda bisa mencobanya dengan mengikuti petunjuk berikut.

Angto Mi

Bahan-bahan: 250 gram mi telur, 0,5 sendok teh garam, 2 sendok makan minyak sayur, 0,25 sendok teh bubuk lada, 1 ekor kepiting, 1 liter air untuk kaldu, 1 sendok teh tepung maizena lalu diencerkan dengan 1 sendok makan air, 1 butir telur ayam, pewarna makanan merah, 9 butir telur puyuh (rendam di kecap asin), 1 daun bawang goreng iris.

Cara memasak:

Pertama, didihkan air dengan garam dan minyak. Masukkan mi telur; masak hingga mie matang. Angkat dan tiriskan, lalu sisihkan.

Kedua, bersihkan kepiting, rebus sebantar. Buang busa yang keluar. Lakukan berulang-ulang hingga air rebusan menjadi bening. Angkat, lalu saring. Keluarkan kepiting, ambil dagingnya, lalu sisihkan.

Ketiga, didihkan kembali kaldunya. Beri garam, penyedap rasa dan bubuk lada. Kentalkan kaldu dengan tepung maizena. Masukkan daging kepiting.

Keempat, kocok telur dengan sedikit pewarna. Siramkan ke dalam kaldu. Masak sambil diaduk sampai telur matang, lalu angkat.

Kelima, siapkan mi telur dalam mangkuk. Siram dengan sedikit kaldu. Aduk sampai tercampur rata. Beri telur burung puyuh goreng, lalu siram dengan kaldu lagi.

Keenam, sajikan Angto Mi ini dengan taburan daun bawang.

Lang Pun atau Salada Dingin

Bahan: 4 ekor cumi rebus, 4 buah fillet kakap (digoreng dengan tepung roti), 4 buah nugget cumi (siap beli), 100 gram udang direbus lalu diolesi mayonaise, 0,5 potong dada ayam rebus, 4 pasang hati ampela, goreng 1 butir telur hitam.

Untuk acar diperlukan: 1 batang wortel segar (ukuran sedang lalu iris halus memanjang), 200 gram ubur-ubur rebus (iris halus memanjang), 0,5 sendok teh gula pasir, 5 sendok makan cuka (larutkan dengan 50 mililiter air).

Cara membuat dan menyajikannya:

Pertama, buat acar dahulu dengan mencampur wortel dan ubur-ubur dalam satu wadah. Tuang ke dalamnya larutan cuka, garam, dan gula. Aduk rata lalu biarkan sesaat.

Kedua, tata semua bahan dalam piring saji. Letakkan acar di tengahnya. Beri irisan telur hitam, lalu taburi biji wijen. Makanan sudah siap untuk disajikan dan untuk disantap.

Selamat mencoba!

Editor : Taat Ujianto

Apa Reaksi Anda?