• News

  • Singkap Budaya

Menakjubkan! Inilah 11 Tradisi Unik Lebaran di Indonesia

Ketupat adalah makanan khas yang menjadi tradisi Lebaran di Indonesia
foto: 99.com
Ketupat adalah makanan khas yang menjadi tradisi Lebaran di Indonesia

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Idulfitri atau Lebaran di Indonesia adalah hari raya umat Islam yang jatuh pada tanggal 1 Syawal pada penanggalan Hijriyah.

Karena penentuan 1 Syawal yang berdasarkan peredaran bulan tersebut, maka Idulfitri atau Hari Raya Puasa jatuh pada tanggal yang berbeda-beda setiap tahun dalam penanggalan Masehi.

Cara menentukan 1 Syawal juga bervariasi, sehingga bisa jadi ada sebagian umat Islam yang merayakannya pada tanggal Masehi yang berbeda.

Di Indonesia, ada beberapa kegiatan yang sudah menjadi tradisi setiap Lebaran tiba. Tradisi tersebut sudah berlaku secara turun-temurun dan menjadi warisan budaya bangsa yang belum terkikis oleh modernisasi zaman.

Berikut ini kegiatan yang sudah menjadi tradisi lebaran bagi masyarakat Indonesia, seperti yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Mudik

Mudik adalah kegiatan para perantau atau pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya. Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan menjelang hari raya besar keagamaan misalnya menjelang Lebaran.

Pada saat itulah ada kesempatan untuk berkumpul dengan sanak saudara yang tersebar di perantauan, selain tentunya juga sowan dengan orang tua dan sanak saudara. 

2. Halal Bi Halal

Halal bi halal adalah istilah untuk saling mengunjungi teman, tetangga, dan sanak saudara untuk saling bermaaf-maafan.

Tradisi ini bahkan juga mengikuti perkembangan zaman dengan melakukan halal bi halal melalui media online dan gadget modern. Kini banyak di antara kita yang saling bermaafan melalui ponsel, media sosial, dan aplikasi gawai lainnya.

3. Takbir keliling

Lebaran akan selalu disambut dengan kumandang takbir sebagai tanda kemenangan setelah melakukan puasa selama sebulan penuh.

Pada momen ini akan terlihat bagaimana kebersamaan masyarakat tetap terjaga dengan baik, mereka akan turun ke jalan dan merayakannya di sana, baik itu menggunakan kendaraan ataupun sekedar berjalan kaki beramai-ramai.

Ini akan sangat menyenangkan dan menjadi salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu selama masa Lebaran, sebab inilah agenda yang paling awal dalam perayaan Lebaran itu sendiri.

4. Menabuh bedug

Lebaran akan selalu disambut dengan kumandang takbir diiringi dengan tabuhan bedug yang menggema menjadi tanda kemenangan setelah berpuasa selama sebulan penuh.

Suara takbir diiringi tabuhan bedug dari malam takbiran hingga pagi di hari Lebaran akan menambah suasana haru dan gembira.

Pada momen ini, masyarakat akan turun ke jalan dan merayakannya memakai kendaraan atau sekadar berjalan kaki beramai-ramai.

Tak hanya satu atau dua bedug saja yang ditabuh, hampir semua jalan-jalan dan masjid akan menabuhnya dengan diiringi gema takbir, tanda hari kemenangan telah tiba.

Karena itu, bedug sudah menjadi simbol dari Hari Raya Idul Fitri, selain ketupat. Tak heran gambar bedug dijadikan ikon-ikon yang merepresentasikan hari fitri yang telah tiba.

5. Ketupat

Lebaran dan ketupat tentu telah menjadi dua hal yang tidak terpisahkan. Panganan khas lebaran ini biasanya akan disajikan bersama opor, rendang, semur, kerupuk udang dan beberapa jenis tambahan lainnya.

Meski terbilang memiliki cara penyajian yang berbeda-beda pada tiap daerah di Indonesia, namun ketupat telah menjadi sebuah penganan wajib yang selalu disajikan ketika perayaan Lebaran.

Ketupat Lebaran akan menjadi sebuah sajian yang sangat istimewa, sebab hampir semua keluarga akan menyantapnya dengan bahagia, di mana seluruh atau sebagian besar anggota keluarga bisa berkumpul dan menikmatinya bersama-sama.

Tak lengkap rasanya melewati Lebaran tanpa sajian ketupat, karena ketupat adalah sajian khas yang wajib disantap di momen yang indah tersebut.

6. Kue Lebaran

Kue Lebaran merupakan menu yang selalu turun-menurun dilakukan. Kue khasnya yakni kastangel, nastar, putri salju, kacang goreng, kue kacang, kue lidah kucing, dan kue kering lainnya.

Masyarakat bisa membuat sendiri kue tersebut atau membelinya di toko-toko. Kue lebaran bisa menjadi penganan saat bersilaturahmi ke sanak saudara.

7. THR

THR atau uang saku ini sudah menjadi tradisi untuk dibagikan kepada anak-anak kecil. Hal ini juga yang paling ditunggu-tunggu.

Selain itu perusahaan-perusahaan juga akan mengeluarkan THR untuk para karyawannya. Hal ini juga telah menjadi ketetapan pemerintah.

8. Baju Baru

Tradisi menggunakan baju baru ketika Lebaran, juga menjadi salah satu tradisi yang begitu lekat dan selalu dijalankan oleh banyak orang. Meski hanya sebagai simbol atau kebiasaan saja, tetapi hal ini hampir selalu identik dengan perayaan Lebaran setiap tahunnya.

Tradisi membeli baju baru untuk dipakai saat hari lebaranpun didukung oleh berbagai pusat perbelanjaan yang ramai memberi diskon besar-besaran. Oleh karena itu, tradisi ini langgeng di masyarakat Indonesia. 

9. Ziarah makam

Setelah lepas sholat Idul Fitri biasanya warga akan berbondong-bondong berziarah ke makam leluhur dan orangtua untuk mendoakan arwah mereka.

10. Rekreasi

Menghabiskan waktu libur lebaran biasanya saling mengunjungi rumah saudara dan sekaligus berpergian ke tempat wisata.

Tradisi ini membuat tempat-tempat wisata penuh dikunjungi orang-orang yang ingin menghabiskan waktu lebaran bersama keluarga.

11. Petasan

Meski jauh-jauh hari sudah ada himbauan dan razia, petasan tetap muncul di sana sini. Tradisi ini susah diberantas karena sudah berakar.

Setiap Lebaran tiba, pasti banyak orang berjualan kembang api dan petasan. Bagi Anda yang punya bayi, jagalah agar ia tidak kaget karena petasan.

Reporter : Sesmawati
Editor : Taat Ujianto
Sumber : dari berbagai sumber

Apa Reaksi Anda?