• News

  • Singkap Budaya

Mudik Wajib Beli Telur Asin, Ternyata Dipopulerkan Tionghoa Brebes

Telur asin khas Brebes, Jawa Tengah
foto: logbook.travel
Telur asin khas Brebes, Jawa Tengah

BREBES, NETRALNEWS.COM - Bagi Anda yang mudik ke Pulau Jawa dan melewati kota Brebes, Jawa Tengah, sebaiknya menyempatkan diri memborong telur aisn khas Brebes. Rasanya khas legit, gurih, dan mantap.  

Uniknya, asal usul telur asin ini dahulu kala ternyata dipopulerkan oleh sepasang suami istri beretnis Tionghoa yang bernama In Tjiauw Seng dan Tan Polan Nio sekitar tahun 1950.  Sejak saat itu, telur asin khas Brebes terkenal di berbagai daerah.

Jenis makanan ini dianggap eksklusif karena karena In Tjiauw Seng dan Tan Polan Nio sempat memromosikan ke kalangan orang elite di Jakarta.

Mulanya produksinya masih terbatas sesuai pesanan. Lama kelamaan, produknya semakin dikenal karena rasannya yang lezat dan dikemas secara khusus. Dalam perkembangannya, menjadi oleh-oleh elite.

In Tjiauw Seng dan Tan Polan Nio sempat memiliki banyak pekerja. Para pekerja itu diam-diam meniru resep cara pembuatannya kemudian keluar satu persatu dan membuka usaha yang sama. Alhasil, menjamurlah produk telur asin khas Brebes.

Gerai telur asin khas Brebes kemudian berdiri di berbagai ruas jalan yang biasa dilalui pemudik. Hingga kini, telur ini menjadi salah satu oleh-oleh yang selalu dilirik pemudik.

Kekhasan telur asin Brebes juga bisa dilihat dari cara pembuatannya. Bahan baku ternyata bukan sembarangan telur. Jenis telur yang biasa digunakan adalah telur pangon yakni telur bebek yang alami (dipelihara secara alami oleh para petani), bukan telur dari jenis bebek hibrida.

Telur kemudian dicuci dan dibersihkan dari semua kotoran. Tidak boleh ada telur yang retak sebab bila retak akan busuk dan baunya tidak karuan.

Telur yang sudah bersih dan disortir sesuai ukuran kemudian diasinkan dengan cara direbus yang memakan waktu antara 12 sampai 15 hari.

Teknik lain selain direbus adalah dengan dengan cara diasapi. Rasa telur asin asap juga sangat khas karena memiliki aroma yang berbeda dengan jenis yang direbus.

Proses pengasapan bisa memakan waktu selama 3 sampai 4 jam. Hanya saja, warna telur asin asap berbeda dengan telur asin rebus. Telur asin asap khas Brebes bukan berwarna biru tetapi kehitam-hitaman.

Editor : Taat Ujianto

Apa Reaksi Anda?