• News

  • Singkap Budaya

Rahasia Capai Puncak Kenikmatan ‘Surga Dunia‘ dalam Tradisi Nusantara

Ilustrasi seni bercinta dalam budaya Jawa
foto: hipwee
Ilustrasi seni bercinta dalam budaya Jawa

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Di Indonesia, sebenarnya ada beberapa tradisi mengonsumsi tanaman herbal untuk membantu hubungan intim suami istri bisa mencapai puncak kenikmatan (surga dunia). Selain mengonsumsi purwaceng, juga bisa dengan mengonsumsi pasak bumi atau sering disebut juga “tongkat ali” (Euricoma longifolia).

Dari berbagai sumber literatur, disebutkan bahwa pasak bumi berkhasiat membantu keperkasaan lelaki karena di tanaman herba ini memiliki efek afrodisiak. Artinya, tanaman ini mampu meningkatkan hormon testosteron pada dosis tertentu.

Dengan mengonsumsi pasak bumi, seorang pria mampu mengalami peningkatan konsentrasi sperma, motilitas sperma, dan morfologi sperma.

Dalam suatu penelitian yang dilakukan perusahaan suplemen herbal, PT Deltomed Laboratories seperti dilansir detikhealth beberapa waktu lalu, dengan memberi air akar pasak bumi selama dua kali sehari selama 10 hari pada tikus pejantan, terbukti mampu meningkatkan libidonya.

Hal itu diamati melalui tingkah laku yawning dan stretching yang dianggap suatu gerakan mencerminkan timbulnya libido pada tikus.

Penelitian lainnya, masih dengan menggunakan objek tikus, ekstrak air pasak bumi terkait dengan peningkatan jumlah, motilitas, dan viabilitas sperma tikus.

Selain pengujian pada tikus, khasiat pasak bumi juga teruji melalui penelitian acak tersamar ganda pada 109 responden laki-laki berusia 30-50 tahun.


Kelompok pria yang mendapat ekstrak air pasak bumi menunjukkan nilai yang tinggi dalam fungsi ereksi. Libido seksual dan motilitas sperma juga mengalami peningkatan setelah mengonsumsi ekstrak air pasak bumi selama 12 pekan.

Selain itu, ternyata tidak hanya bagian akar tanaman pasak bumi saja yang berkhasiat. Bagian lainnya, seperti batang, kulit batang, dan daun juga disebut memiliki manfaat yang baik.

Antiplasmodik dimiliki oleh akar, batang, kulit batang dan daun. Aktivitas antimikroba dimiliki oleh bagian daun, akar, dan batang. Aktivitas sitotoksik, afrodisiak, dan anti-ulkus dimiliki oleh bagian akarnya. Aktivitas anti-tumor dimiliki oleh bagian daun.  Jadi, hampir semua bagian tanaman pasak bumi memang bermanfaat.

Walaupun mengonsumsi pasak bumi, setiap lelaki tetap wajib menjaga pola hidup sehat. Walaupun mengonsumsi pasak bumi, seorang pria yang mengonsumsi rokok, jarang olah raga, tidak mengonsumsi makanan bergizi, tetap saja keperkasaannya terganggu.


Bila dirinci, khasiat pasak bumi menurut kepercayaan masyarakat setidaknya ada lima. Pertama, mengatasi disfungsi seksual. Tanaman ini dipercaya bisa menolong para pria yang bermasalah dengan kesuburannya dan pria yang mengalami disfungsi ereksi.

Kedua, meningkatkan energi. Dengan energi dan produksi sperma yang baik, seorang pria yang telah mengonsumsi otomatis akan mampu beraksi di atas ranjang dengan maksimal.

Ketiga, mampu turunkan kadar stres. Dalam pasak bumi terdapat kandungan yang bisa menurunkan hormon penyebab stres dan meningkatkan hormon anti-stres.

Keempat, membantu pria membentuk dan membesarkan otot. Hanya saja, selain mengonsumsi pasak bumi, seorang pria yang ingin besarkan dan kuatkan otot keperkasaan tetap harus rutin melakukan olahraga dan mengonsumsi makanan bergizi.

Kelima, membantu mencegah penuaan dini pada pria. Mengonsumsi ekstrak tongkat ali sebanyak 200 mg per hari, dipercaya bisa mencegah penurunan testosteron pada pria yang dewasa.

Penurunan testosteron adalah salah satu hal yang akan dialami pria ketika ia bertambah usia dan kondisi ini akan memengaruhi kehidupan seksualnya.

Editor : Taat Ujianto