• News

  • Singkap Budaya

Konstruksi Tol Tebing Tinggi-Parapat Bakal Dimulai 2017

Ilustras Jalan Tol (tobasatu.com)
Ilustras Jalan Tol (tobasatu.com)

Berita Terkait

PARAPAT, NETRALNEWS.COM - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, untuk mendukung pengembangan pariwisata Danau Toba, pembangunan tol dari Tebing Tinggi ke Parapat, Sumatera Utara, sepanjang 98 km dapat dilaksanakan mulai 2017.

"Selama tahun 2016, beberapa kegatan dan pekerjaan untuk pembangunan tol Tebing Tinggi-Parapat, antara lain, studi kelayakan (feasibility study), pengerjaan analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal), penetapan lokasi, dan pengadaan tanah, dapat dirampungkan sehingga konstruksi dapat dilakukan mulai tahun 2017," kata Basuki usai rapat dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan di Institut Teknologi Del Laguboti, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Sabtu (20/8/2016).

Menteri menjelaskan dari sepanjang 98 km rencana tol tersebut, 55 km di antaranya berada di tanah perkebunan milik negara sehingga pembebasan lahan tidak rumit. Dengan demikian, upaya pembebasan lahan lebih difokuskan pada lahan sisanya sepanjang 43 km yang merupakan milik masyarakat.

Selain itu, karena proyek pembangunan tol tersebut merupakan penugasan pemerintah, tidak diperlukan tender sehingga proses konstruksi dapat dilaksanakan lebih cepat.

Tol tersebut diperkirakan, kata dia, bisa selesai dibangun dalam 2 hingga 3 tahun.

Selain pembangunan tol tersebut, program lain dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mendukung pengembangan destinasi pariwisata Danau Toba, yakni pembangunan badar udara di Sibisa, Kabupaten Toba Samsoir.

"Masyarakat telah bersedia menyediakan lahan sehingga konstruksi bisa segera kita lakukan," katanya didampingi Luhut Pandjaitan.

"Alat-alat berat untuk 'land clearing' pada tahun 2016 sudah mulai bekerja," tambahnya.

Selain itu, pelebaran dan peningkatan kualitas jalan lingkar Pulau Samosir meliputi Tele-Pangururan-Nainggolan-Onan Runggu akan dikerjakan pada tahun 2017, sedangkan lingkar Panguiruran-Simanindo-ambarita-Tomok sudah mulai dikerjakan.

Pelebaran jembatan dan pengerukan Tanah Ponggol sepanjang 1,2 km akan dilakukan pada tahun 2017.

Editor : Firman Qusnulyakin
Sumber : Antara

Apa Reaksi Anda?