• News

  • Singkap Budaya

Kain Songket hingga Blongsong Didaulat Gunakan Pewarna Alami

Ilustrasi kain songket Palembang
Britabrita.com
Ilustrasi kain songket Palembang

PALEMBANG, NETRALNEWS.COM - Dewan Kerajinan Nasional Daerah Sumatera Selatan (Sumsel) mendorong agar pengrajin kain di daerah itu menggunakan pewarna alami.

Kain merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang masih lestari sampai saat ini sehingga motif dan warna harus khas dan alami, kata Ketua Dekranasda Sumsel Feby Deru di Palembang, Kamis (16/7/2020).

Menurut dia, masing-masing provinsi di Indonesia memiliki kain khas yang menggambarkan budaya lokal setempat, tidak terkecuali Provinsi Sumatera Selatan.

Bukan hanya kain Songket, namun masih ada beberapa jenis kain yang tak kalah indah dengan kain berbenang emas tersebut, seperti kain jumputan dan kain blongsong.

Sebagai kain tradisional dan khas daerah yang dalam proses pengerjaannya memiliki tingkat kerumitan dan diperlukan ketekunan juga ketelitian, begitu pun dalam proses pewarnaan di mana para pengrajin kain pada umumnya menggunakan pewarna tekstil.

Menurut dia, saat para pengrajin kain menggunakan pewarna tekstil , sehingga akan menimbulkan dampak baik positif maupun negatif.

Sehubungan itu pihaknya ingin mendorong dan mengenalkan pewarna alam kepada para pengrajin kain di Sumsel. Seperti yang dilakukan Meki Oki Yasari, pengrajin kain songket dari Galeri Songket Warna Alam ini.

Dia mengatakan, pewarna yang digunakannya berbahan dasar alam, yang diperoleh dari alam.

Editor : Taat Ujianto