• News

  • Singkap Budaya

Garuda Akan Terbang ke Toba Tiga Kali Seminggu


Foto: indo-aviation.com/

Berita Terkait

TOBA, NETRALNEWS.COM – Perusahaan penerbangan nasional Garuda  akan memulai penerbangan  ke Bandara Silangit, Toba, tiga kali seminggu dengan kapasitas per-penerbangan sebanyak 96 penumpang, menggunakan pesawat CRJ-1000 NextGen “Explore Jet”. Hal itu dilakukan dalam rangka meningkatkan industri pariwisata di Danau Toba dan sekitarnya.

Kementerian Pariwisata  mengemukakan,  (Rabu, 23/3/2016), rute  penerbangan ke Bandara Silangit pada 22 Maret 2016. Peningkatan aksesibilitas ke Danau Toba juga dilakukan dengan peningkatan landasan pacu runway Bandara Silangit dari 2.400 x 30 meter menjadi 2.650 x 45 meter. Selain itu peningkatan landasan pacu runway juga akan dilakukan pada Bandara Sibisa.

Peningkatan aksesibilitas jalur darat dilakukan dengan pembangunan jalan tol Medan - Kuala Namu - Tebing Tinggi yang proses pembebasan lahannya hingga Februari 2016 sudah mencapai 83 persen. Jalan tol ini ditargetkan akan beroperasi pada tahun 2017.

Untuk mewujudkan Destinasi Pariwisata Danau Toba menjadi world class destination, maka Badan Otorita yang terbentuk akan menyusun masterplan kawasan pariwisata yang terintegrasi dengan melibatkan para konsultan masterplan kelas dunia. 

Di dalam kawasan ini nantinya akan dibangun fasilitas amenitas berupa hotel resort, dan fasilitas pendukung lainnya yang memenuhi standar kelas dunia baik dari segi kenyamanan maupun keamanan.

Pengembangan destinasi kawasan Danau Toba sebagai geopark kelas dunia akan mengupayakan pengakuan dari UNESCO dan terdaftar dalam Global Geopark Network (GGN) di tahun 2016.

 

Editor : Willy Hangguman
Sumber : kemenpar.go.id