• News

  • Singkap Budaya

Pemerintah Percepat Pembangunan Tol Tebing Tinggi-Parapat

Ilustrasi: Danau Toba (LinkedIn)
Ilustrasi: Danau Toba (LinkedIn)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Herry Trisaputra Zuna percepat pembangunan jalan tol Tebing Tinggi ke Parapat, yang jadi bagian pembangunan fasilitas pendukung kawasan pariwisata nasional Danau Toba.

"Kami memang sedang akselerasi Tebing Tinggi-Parapat, nanti juga akan satukan dengan Tebing Tinggi-Kuala Tanjung," kata Herry, Sabtu (4/2/2017).

Februari akhir, kata Herry, bakal ada penandatanganan kontrak pembangunan ruas jalan tol tersebut. Herry hanya menyebutkan panjang ruas tol itu 140 kilometer, namun tidak mengetahui pasti nilai kontraknya.

Pengerjaan proyek ini masuk di dalam penugasan bagi Hutama Karya, yang ditugaskan pemerintah membangun ruas tol trans Sumatera. Namun akan dibuatkan suatu joint venture company, bersama dengan Jasa Marga dan Waskita Toll Roads. 

Sementara untuk proyek jalan tol pendukung kawasan pariwisata Danau Toba yang akan selesai di tahun ini, adalah Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi yang dikerjakan oleh Jasa Marga. Menurut Herry, ruas ini akan dikejar pengerjaannya agar selesai tahun ini.

Kepala Balai Besar Jalan Nasional II Medan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Paul Ames Halomoan, mengatakan jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, diperkirakan bisa dibuka pada hari raya Idul Fitri nanti. 

Namun hanya beberapa bagian yang sudah bisa dibuka, karena untuk dibuka secara keseluruhan baru akan dilakukan pada Desember 2017. 

Reporter : Pramirvan Datu Aprilatu
Editor : Firman Qusnulyakin