• News

  • Singkap Budaya

Rizal Ramli: Danau Toba Miliki Magnet Sejarah

Pesona Danau Toba (maritim.go.id)
Pesona Danau Toba (maritim.go.id)

Berita Terkait

JAKARTA, NETRALNEWS.COM, Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli mengatakan Danau Toba memiliki kekuatan magnet sejarah yang luar biasa dan dapat menjadi daya tarik wisatawan.

"Danau Toba itu memiliki daya tarik sejarah yang luar biasa. Sekitar 70.000 tahun yang lalu, terjadi ledakan volkano yang luar biasa besar yang lebih besar dari Gunung Krakatau dan Gunung Vesuvius di Pompeii, Italia," kata Rizal usai acara "Fun Walk For Wonderful Toba", di Jakarta, Minggu (15/5/2016).

Ketika ledakan volkano yang mengakibatkan terbentuknya Danau Toba tersebut, lanjut Rizal, dunia gelap selama berbulan-bulan serta terjadi perubahan iklim.

"Akibat dunia gelap, suhu berubah dan terjadi apa yang sekarang dikatakan perubahan iklim." Perubahan iklim yang dahsyat tersebut membuat benua-benua yang disatukan es itu mencair serta flora dan fauna mengalami transformasi.

"Kalau sejarah itu dikemas dengan wisata, maka akan banyak orang yang akan datang ke Danau Toba," cetus dia.

Rizal mengatakan pemerintah mempercepat pembangunan infrastruktur di wilayah Danau Toba.

Mulai dari pembangunan jalan tol penghubung dari Bandara Kuala Namu ke Danau Toba untuk mempersingkat waktu tempuh dan pembangunan jalan lingkar di Pulau Samosir.

"Pemerintah juga akan mempermudah izin wisatawan datang ke Indonesia. Begitu juga dengan izin-izin kapal pesiar untuk bisa bersandar di wilayah Indonesia," tukas dia.

Editor : Marcel Rombe Baan
Sumber : Antara