• News

  • Singkap Budaya

Mistik di Balik Topeng Barong Bali

Barong Bali
rentalmobilbali
Barong Bali

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Orang-orang dari suku Jawa, juga orang-orang yang sudah lama tinggal di Pulau Jawa, dan bergaul dekat dengan orang-orang Jawa, dan sering  mendengar cerita-cerita mistis, pasti mendengar pula cerita-cerita mistis yang berkaitan dengan Ibu Ratu Pantai Selatan.

Dan cerita tentang Ibu Ratu Pantai Selatan, yang disimbolkan sebagai penguasa Laut Selatan Jawa,  ternyata sosok mistis Ibu Ratu Pantai Selatan, sebagai penguasa laut Selatan Pulau Jawa, itu dipercayai juga oleh masyarakat Bali.

Itulah yang tercermin dari kisah dan cerita tentang Topeng Barong Bali. Masyarakat Bali percaya bahwa alam gaib yang ada di dunia ini dikuasi oleh Ratu Gede Mecaling, sang penguasa Laut Selatan Bali. Semua makhluk-makhluk gaib yang ada, adalah bawahan dari Ratu Gede Mecaling tersebut.

Pada suatu hari, pendeta menyarankan masyarakat setempat untuk membuat patung berwujud ratu yang mendiami istana Pura Dalem Ped, Nusa Penida. Patung tersebut di buat untuk makhluk gaib yang dikisahkan sering menggangu manusia. Para makhluk ghaib yang sering menggangu penduduk setempat, mengira bahwa patung yang telah dibuat itu adalah pemimpin mereka, sehingga mereka pun pergi ketakutan.

Sosok patung tersebut berbadan tinggi besar, hitam, dan bertaring, yang dikenal dengan nama Barong. Sejak saat itu, penduduk setempat membuat ritual keliling kampung bersama Barong sebagai simbol pencegahan dari mara bahaya, atau tolak bala.

Sehingga, di balik Topeng Barong Bali itu, ada “isi”nya yang, yakni makhluk-makhluk gaib, terutama, Ratu Gede Mecaling. Dan dengan mementaskan Barong Bali, diyakini segala kejahatan di sekitar masyarakat Bali, terbebas dari hal-hal buruk, seperti marah bahaya dan berbagai macam keburukan.

 

Editor : Thomas Koten
Sumber : Dari berbagai sumber