• News

  • Singkap Budaya

Orang Rimba Dilarang Pacaran Sebelum Nikah, Lho Koq Bisa?

Orang Rimba
Juragan Cipir
Orang Rimba

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Orang Rimba, yang disebut juga sebagai suku Anak Dalam atau suku Kubu di Jambi, sangat menjunjung tinggi apa yang disebut kesucian dalam hidup perkawinan.  Perkawinan adalah sebuah lembaga sakral yang harus dijaga dan diagungkan. 

Padahal, kerap dikatakan kalau Orang Rimba yang diasosiasikan sebagai orang primitif itu tidak beradab dan tidak berbudaya. Ternyata mereka memiliki tata aturan yang ketat yang disebut sebagai hukum adat. Hukum adat itulah yang membingkai seluruh tata aturan dalam pergaulan Orang Rimba sehari-hari.

Aturan-aturan yang dibingkai oleh hukum adat itu sangat ketat. Salah satu aturan dalam hukum adat itu adalah para remaja dan anak muda atau orang dewasa, dilarang keras menjalankan hidup dengan sebebas-bebasnya, alias pergaulan bebas. 

Apabila seseorang melakukan pergaulan bebas, denda dan/atau hukum adat siap menanti. Tradisi Orang Rimba tidak menyediakan suatu mekanisme mengenal calon pasangan secara intim sebelum menikah. 

Kenapa? Karena Orang Rimba atau suku Anak Dalam dilarang untuk berpacaran. Satu-satunya kesempatan bagi mereka untuk bertemu muka dan bercakap-cakap bebas adalah saat ada pesta pernikahan digelar. Bujang atau lajang dan gadis diam-diam mojok di balik pepohonan menyaksikan pesta pernikahan yang diadakan. Biasanya orangtua memaklumi hal itu. Bagi mereka ini bukan pacaran.

 

 

Penulis : Thomas Koten
Editor : Farida Denura
Sumber : Diolah dari berbagai sumber

Apa Reaksi Anda?