• News

  • Singkap Budaya

Inilah Mandau, Senjata Tradisional Khas Kutai Kaltim, Cocok untuk Koleksi

Mandau, senjata  tradisional Kutai Kaltim
merahputih
Mandau, senjata tradisional Kutai Kaltim

KUTAI, KALIMANTAN TIMUR, NETRALNEWS.COM - Ada satu senjata yang sangat khas di Kalimantan Timur, khususnya Kutai adalah Mandau. Senjata ini sangat populer karena keunikan bentuknya. Karena itu, senjata ini sering dibeli orang untuk dipajang di rumah-rumah sang kolektot.

Mando (Mandau) adalah senjata tajam sejenis parang berasal dari kebudayaan Dayak di Kalimantan. Mandau termasuk salah satu senjata tradisional Indonesia.

Berbeda dengan parang biasa, mandau memiliki ukiran - ukiran di bagian bilahnya yang tidak tajam. Sering juga dijumpai tambahan lubang-lubang di bilahnya yang ditutup dengan kuningan atau tembaga dengan maksud memperindah bilah Mandau.

Mando (ejaan Indonesia: Mandau, adalah ejaan yang salah) berasal dari bahasa Dayak Kalimantan Tengah, yaitu asal kata "Man" yaitu singkatan dari kata "kuman" yang bearti "makan" dan dibentuk dari kata "do" yaitu singkatan dari kata "dohong" yakni pisau belati khas Kalimantan tengah.

 Jadi secara harafiah Mando berarti "makan Dohong", maksudnya adalah karena sejak senjata Mando menjadi populer di kalimantan tengah, dohong yang merupakan senjata pisau terawal milik Dayak Ngaju kal-teng menjadi kalah populer atau tergerus kalah oleh Mando. Kekalahan populer dohong tersebut menyebabkan sebutan untuk jenis parang yang mengalahinya kemudian disebut "mando".

Suku Dayak dengan senjata Mandaunya terkenal kejam dan ahli dalam peperangan, kelompok klan mereka melawan bangsa-bangsa lain yang datang ke pulau Kalimantan, termasuk bangsa Melayu dan Bangsa Austronesia.

Karena seringnya peperangan antar klan dan bangsa-bangsa yang datang ke pulau kalimantan, Pedang Mandau menjadi terkenal dengan bilah senjatanya yang tajam dan digunakan untuk memenggal kepala musuh-musuhnya (adat Pengayauan suku Dayak) hingga para bangsa lainnya tidak berani memasuki daerah mereka.

Hingga sampai dengan sekarang Mandau menjadi sebutan nama sebuah senjata adat asli Pulau Kalimantan. Arti Mandau sebenarnya dari suku Dayak katulistiwa. Dau artinya senjata. Man artinya keberanian. Jadi, siapa yang memakai senjata ini diyakini memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

Editor : Thomas Koten
Sumber : Disarikan dari Wikipedia