• News

  • Singkap Budaya

Inilah 5 Hal Suku Dayak yang Sangat Ditakuti Dunia, Penting Dibaca

Suku Dayak dengan senjata magis
bombastis
Suku Dayak dengan senjata magis

BANJAR, KALIMANTAN SELATAN, NETRALNEWS.COM - Suku dayak memang salah satu suku di Indonesia yang sangat dikenal di dunia. Dikenalnya bangsa asing terhadap suku Dayak ini disebabkan oleh karena kekuatan supranatural yang mereka miliki, dan berbagai tradisi unik yang dimiliikinya, seperti tarian.

 Ya, tentu saja ada kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Dayak dan Indonesia karena salah satu suku indonesia dapat dikenal oleh dunia dan tentunya hal itu berdampak positif bagi Indonesia terlebih mengenai tanah borneo.

Meskipun suku Dayak lebih terkenal karena tariannya yang sering sekali tampil di pentas internasional, namun ada hal yang menarik mengenai suku Dayak di mata dunia selain budaya suku Dayak.

Di antara hal-hal yang membuat keterkenalan suku Dayak di mata dunia, ada sejumlah hal yang membuat suku Dayak ditakuti dunia internasional. Apa saja dari sejumlah hal itu?

1.Prajurit hantu

Suku Dayak mempunyai prajurit hantu yang membuat siapa pun yang mendengarnya ngeri. Dan sang pemimpin prajurit hantu adalah yang sering dipanggul dengan panglima burung.

Perawakan panglima burung yang masih misterius bagi masyarakat Indonesia menjadikan pangkalima burung bak prajurit hantu yang siap menyerang siapa saja yang melecehkan suku dayak untuk melindungi tanah borneo.

2. Mandau, pedang mematikan

Pedang mematikan ? Aawalnya kebinggungan tentang hal menakutkan ini, karena suku Dayak tidak memiliki pedang. Ternyata yang mereka maksud pedang mematikan ini adalah Mandau / Parang. Lucu, karena pedang dan Mandau adalah hal yang berbeda.

Te tapi Anda dapat menangkap maksud yang sebenarnya dari sumber tersebut. Pedang mematikan ini adalah pedang magis yang dapat membunuh siapa pun tanpa rasa kasihan. Pedang ini menjadi barang pusaha secara turun temurun bagi suku Dayak.

3. Sumpit beracun

Selain Mandau terbang, hal menakutkan suku Dayak di mata dunia adalah Sumpit beracun. Entah apakah sumpit beracun masih ada atau tidak untuk saat ini, namun sumpit beracun suku Dayak telah menjadi sejarah tersendiri bagi masyarakat Dayak pasa masa penjajahan di masa lalu.

4. Kekuatan magis

Untuk yang ke-5 benar-benar menakutkan bagi mereka. Suku Dayak memiliki kekuatan magis yang sangat berbahaya yang menjadikan suku Dayak sebagai salah satu dari 5 suku paling ditakuti di dunia karena sihirnya.

Sedikit berlebihan sih, tapi untuk pengingat saja bahwa tidak semua suku Dayak memiliki kekuatan-kekuatan magis seperti yang ditakutkan oleh seluruh dunia termasuk Indonesia. Hanya segelintir orang dari suku Dayak saja yang memiliki kekuatan seperti itu.

Editor : Thomas Koten
Sumber : Dari berbagai sumber