Teleskop Raksasa Ini Pecahkan Rekor Temukan Benda Luar Biasa di Bima Sakti

Teleskop terbesar dunia mulai menemukan benda-benda di luar Bima Sakti.
DailyMail
Teleskop terbesar dunia mulai menemukan benda-benda di luar Bima Sakti.

JAKARTA, NETRALNEWS.COMTeleskop terbesar di dunia, Five hundred-meter Aperture Spherical radio Telescope (FAST) telah mulai menemukan benda-benda luar biasa di Bima Sakti, meski baru setahun dalam karirnya.

Teleskop di Tiongkok ini telah mendeteksi dua bintang yang berputar cepat, yang dikenal sebagai pulsar, menurut Observatorium Astronomi Nasional China (NAOC). Benda-benda ini bisa bertindak seperti 'jam kosmik' saat berputar pada tingkat yang stabil, dan bahkan dapat menjelaskan fenomena seperti gelombang gravitasi.

Teleskop FAST ini mendeteksi dua pulsar baru PSR J1859-01 dan PSR J1931-01 16 ribu dan 4,1 ribu tahun cahaya jauhnya. Yang pertama memiliki periode kecepatan berputar 1,83 detik, sedangkan yang kedua memiliki periode 0,59 detik. Mereka terlihat masing-masing pada tanggal 22 dan 25 Agustus.

Setelah teleskop pertama kali mendeteksi pulsar pada tanggal 22 dan 25 Agustus, mereka dikonfirmasi oleh teleskop Parkes Australia pada tanggal 10 September. Meskipun diperkirakan bahwa sejumlah besar pulsar ada di galaksi kita sendiri, hanya sedikit yang ditemukan. Banyak di antaranya adalah sumber radio yang lemah, atau ditutupi oleh gangguan, menurut NAOC.

Tapi, dengan FAST ini yang berfungsi sebagai teleskop radio paling sensitif di dunia, diharapkan banyak pulsar milidetik akan ditemukan.

Tahun depan, para ilmuwan berencana untuk memperluas pencarian, menggunakan FAST untuk mencari pulsar di luar Bima Sakti juga, seperti dilansir dari laman Daily Mail, Jumat (13/10/2017).

Apa itu Pulsar?

Pulsar berputar, bintang neutron yang sangat magnetis. Bintang-bintang ini terbuat dari bahan yang jauh lebih padat daripada biasanya dan yang memberi kepadatan bintang keseluruhan sebanding dengan inti atom.

Bintang neutron juga memiliki medan magnet yang sangat kuat yang mempercepat partikel bermuatan. Pulsar menyapu langit seperti cahaya dari mercusuar saat bintang berputar.

Periode rotasi mereka sangat stabil sehingga beberapa astronom menggunakannya untuk mengkalibrasi instrumen dan telah mengusulkan menggunakannya untuk menyinkronkan jam.

Editor : Sulha Handayani