• News

  • Sains

Astronom Akan Memindai Asteroid Alien Berbentuk Cerutu

 Asteroid berbentuk cerutu itu bernama Oumuamua.
Daily Mail
Asteroid berbentuk cerutu itu bernama Oumuamua.

JAKARTA, NNC - Para astronom diberi tanggung jawab untuk memindai asteroid 'alien' yang berada di luar Bumi. Asteroid berbentuk cerutu itu bernama Oumuamua oleh para penemunya. Asteroid tersebut terbang melewati Bumi bulan lalu dan merupakan objek antar bintang pertama yang terlihat di tata surya.

Sebuah tim ilmuwan yang berburu benda asing dipimpin oleh miliarder Rusia Yuri Milner, akan memindai Oumuamua minggu ini. Mereka mengataka mencari sinyal radio, mengklaim bahwa pengunjung misterius itu bisa menjadi pesawat ruang angkasa asing.

"Semakin saya mempelajari objek ini, semakin tidak biasa tampilannya, membuat saya bertanya-tanya apakah ini sebuah penyelidikan buatan yang dikirim oleh peradaban asing," kata Profesor Avi Loeb, ketua departemen astronomi Harvard dan salah satu penasihat Milner, seperti dilansir dari laman Daily Mail, Selasa (12/12/2017).

Profesor Loeb mengatakan bahwa bentuk batuan luar angkasa yang aneh itu ideal untuk sebuah benda yang terbang di antara sistem bintang. Tetapi ada pula kemungkinan bahwa Oumuamua bisa menjadi artefak.

Proyek berburu asteroid alien tersebut akan menggunakan Teleskop Green Bank di West Virginia untuk penyelidikannya. Objeknya sekarang dua kali jarak antara Bumi dan matahari dari planet kita, namun bahkan pada kisaran ini, Teleskop Green Bank dapat mengambil sinyal sekecil apa pun.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani