Spesies Baru, Laba-laba Ini Dinamai Bob Marley

Laba-laba ini diberi nama Bob Marley.
DailayMail
Laba-laba ini diberi nama Bob Marley.

QUEENSLAND, NNC - Spesies baru laba-laba laut yang baru muncul saat air surut di Australia dinamai dengan legenda musik reggae, Bob Marley.

Spesies ini pertama kali ditemukan pada bulan Januari 2009 saat laut di sepanjang pantai Queensland surut dan mengungkapkan populasi laba-laba beradaptasi air.

Peneliti menggambarkan spesies tersebut sebagai spesies baru dalam dunia ilmiah dan dengan cepat mengasosiasikan kemunculan mereka dengan lagu Bob Marley tahun 1973, "High Tide or Low Tide".

Sebuah studi tentang laba-laba Bob Marley terdaftar secara ilmiah sebagai Desis bobmarleyi, baru-baru ini menerbitkan temuannya di "Journal of Evolutionary Systematics".

Rekan penulis studi Dr Barbara Baehr mengatakan, laba-laba intertidal ini telah menyesuaikan diri dengan kehidupan bawah laut dengan bersembunyi di kerang atau saat air pasang.

“Untuk bernafas, mereka membangun ruang udara. Begitu air laut surut, mereka keluar dan berburu invertebrata kecil yang mengelilingi permukaan batu, karang, dan tanaman di dekatnya,” kata Dr Barbara Baehr, seperti dilansir dari laman Daily Mail, Selasa (26/12/2017).

Dr Baehr, dari Queensland Museum, mengatakan bahwa untuk jenis kelamin, laba-laba ini dicirikan oleh warna merah-coklat yang dominan, sementara kaki mereka berwarna coklat oranye dan ditutup dengan lapisan padat struktur rambut panjang, tipis dan abu-abu gelap.

Dr Barbara Baehr mengatakan betina tampaknya berukuran lebih besar dengan spesimen yang dipelajari berukuran hampir 9mm, sedangkan jantan berusia berukuran sekitar 6mm.

“Lagu 'High Tide or Low Tide' mempromosikan cinta dan persahabatan melalui semua perjuangan hidup,” tutup Dr Barbara Baehr.

Editor : Sulha Handayani