Ilmuwan Temukan Tengkorak Berukuran 6 Inci yang Diduga Alien

Daily Mail

ATACAMA, NNC – Ilmuwan menemukan tengkorak berukuran 6 inci dan dianggap sebagai bagian dari alien. Tetapi sebuah studi DNA bahkan menunjukkan bahwa itu sebenarnya manusia, seorang gadis berusia enam tahun yang kerdil.

Penemuan yang dianggap luar biasa ini terjadi pada 2003 di Atacama, Chili. Tengkorakmemiliki tengkorak seperti kerucut dan hanya memiliki sepuluh tulang rusuk. Ditemukan di kantong kulit di sebuah gereja yang ditinggalkan, kerangka itu dijuluki 'Ata'.

Setelah lima tahun ilmuwan analisis genom mendalam telah menunjuk mutasi yang bertanggung jawab untuk spesimen aneh tersebut.

Tes genetik di Universitas California, San Francisco, dan Universitas Stanford telah membuktikan di luar pertentangan bahwa tulang adalah tulang seorang perempuan manusia yang meninggal 40 tahun lalu.

Para peneliti menemukan mutasi pada tidak hanya satu tetapi beberapa gen yang diketahui mengatur perkembangan tulang, beberapa di antaranya belum pernah dijelaskan sebelumnya.

Analisis DNA mengungkapkan bahwa penampilannya dapat dijelaskan oleh serangkaian mutasi genetik yang terkait dengan dwarfisme,  gangguan pertumbuhan dan tulang lainnya.

Sanchita Bhattacharya, seorang peneliti di UCSF mengatakan dia menemukan 64 varian gen dalam DNA Ata. Dia menemukan bahwa 10 variasi terkait dengan masalah tulang termasuk perawakan pendek. Variasi gen lainnya termasuk masalah dengan memproduksi kolagen,  yang digunakan dalam kartilago dan gen-gen yang terkait dengan lengkungan tulang belakang yang dikenal sebagai scoliosis.

“Di luar malformasi skeletnya, Ata mungkin memiliki kondisi genetik yang dikenal sebagai hernia diafragma bawaan. Ini adalah cacat lahir yang mengancam kehidupan yang umum di mana proses berkembang yang terjadi dengan tidak baik,” kata Sanchita, dilansir dari laman Daily Mail, Jumat (23/3/2018).

Garry Nolan, seorang profesor mikrobiologi dan imunologi di Fakultas Kedokteran Universitas Stanford, memulai eksplorasi ilmiah Ata pada tahun 2012, ketika seorang teman menelepon mengatakan dia mungkin telah menemukan 'alien'.

Dr Nolan mengatakan bahwa penelitian tentang Ata mungkin suatu hari bermanfaat bagi pasien.

Editor : Lince Eppang