• News

  • Sains

Pertama Kali, Laba-laba dengan Lompatan Setinggi 6 Kaki Ditemukan di Inggris

Pertama kali, laba-laba dengan lompatan setinggi 6 kaki.
Daily Mail
Pertama kali, laba-laba dengan lompatan setinggi 6 kaki.

WARRINGTON, NNC –  Pertama kalinya, jenis laba-laba yang miliki lompatan sejauh enam kaki ditemukan di Inggris. Laba-laba itu berjenis arakhnida langka.

Laba-laba tersebut dikenal sebagai Sibianor larae dan baru-baru ini ditemukan oleh seorang arachnologist pada bulan Juni di Warrington, Cheshire di Holcroft Moss Nature Reserve.

Diketahui hewan itu miliki tubuh seukuran kepala batang korek api. Setelah ahli kembali ke situs dan menemukan lebih banyak hewan di rawa, arachnologists Richard Burkmar dan Richard Gallon meminta seorang ahli untuk mengidentifikasi binatang itu.

Dr Dmitri Logunov, kurator artropoda di Museum Manchester, membenarkan bahwa itu adalah Sibianor larae, membuatnya menjadi penampakan pertama yang diakui di Inggris.

Dr Logunov adalah akademisi yang pertama kali menggambarkan spesies tersebut, membuatnya dikenal oleh komunitas ilmiah pada tahun 2001. Dia mendapat kehormatan untuk menamai spesies baru dan memutuskan untuk memberi nama seperti istrinya, Larisa Logunov.

“Kami senang mendengar tentang semua penemuan khusus yang telah dilakukan di Holcroft Moss Nature Reserve. Situs ini sangat istimewa karena tidak pernah dieksploitasi. Ini esuatu yang tidak biasa bagi sebagian besar lahan gambut di Inggris,”kata Sarah Bennett dari Cheshire Wildlife, dilansir dari laman Daily Mail, Sabtu (18/8/2018).

Kata Sarah, sejumlah laba-laba rawa langka lainnya juga ditemukan selama survei, termasuk laba-laba Heliophanus dampfi. Laba-laba ini menjadi satu-satunya situs di Inggris yang telah dicatat. "Ini jelas merupakan situs khusus untuk satwa liar yang mencintai hutan,” sambung dia.

Sibianor larae adalah spesies laba-laba yang sangat kecil dan umumnya ditemukan di rawa dan lahan gambut.

Dr Dmitri Logunov, kurator artropoda di Museum Manchester, adalah akademisi yang pertama kali menggambarkan spesies tersebut, membuatnya dikenal oleh komunitas ilmiah pada tahun 2001.

Untuk hewan yang bertubuh kecil, ia mampu melompat hingga enam kaki di udara, lebih tinggi dari ketinggian rata-rata manusia. Makhluk ini sulit dipahami menderita degradasi, habitat tetapi diyakini telah ada di Inggris bogland selama ribuan tahun.

 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani

Apa Reaksi Anda?