Ada Planet Air yang Layak Huni, Ukurannya Melebihi Bumi

Ada Planet Air yang layak huni, ukurannya melebihi bumi.
Newsroom
Ada Planet Air yang layak huni, ukurannya melebihi bumi.

CHICAGO, NNC – Para peneliti mengungkapkan, kehidupan bisa terjadi di sejumlah besar planet air yang ada di tata surya. Sebuah studi baru dari Universitas Chicago dan Pennsylvania State University menemukan planet laut bisa jadi tempat tinggal yang miliki kelayakan jauh lebih lama daripada yang diasumsikan sebelumnya.

Hal ini secara dramatis meningkatkan peluang hidup yang telah berevolusi di planet lain, karena studi baru lain menemukan satu dari tiga planet di luar tata surya yang lebih besar dari Bumi adalah dunia air.

“Ini benar-benar mendorong kembali terhadap gagasan bahwa Anda membutuhkan klon Bumi, yaitu sebuah planet dengan beberapa daratan dan laut dangkal,” kata asisten profesor ilmu geofisika di UChicago dan penulis utama studi, Edwin Kite, dilansir dari laman Daily Mail, Senin (3/9/2018).

Kite dan Penn State rekan penulis Eric Ford membuat simulasi dengan ribuan planet yang dihasilkan secara acak, dan melacak evolusi iklim mereka selama miliaran tahun.

"Yang mengejutkan adalah bahwa banyak dari planet tetap stabil selama lebih dari satu miliar tahun, hanya karena keberuntungan hasil imbang. Tebakan terbaik kami adalah itu ada di urutan 10 persen dari mereka,” kata Kite.

Planet-planet beruntung ini berada di lokasi yang tepat di sekitar bintang-bintang mereka, menurut studi dalam The Astrophysical Journal. Planet juga kebetulan memiliki jumlah karbon yang tepat, dan mereka tidak memiliki terlalu banyak mineral dan elemen dari kerak yang terlarut di lautan yang akan menarik karbon keluar dari atmosfer.

Kata peneliti, planet memiliki cukup air dari awal, dan siklus karbon antara atmosfer dan laut saja,  dalam konsentrasi yang tepat sudah cukup untuk menjaga hal-hal yang stabil. “Tampaknya ada cara untuk membuat planet bisa dihuni dalam jangka panjang,” sambung Kite.

Planet-planet dalam sistem kerdil merah dianggap sebagai calon yang menjanjikan untuk membina kehidupan karena bintang-bintang ini lebih terang jauh lebih lambat daripada matahari Bumi, memberi hidup dalam jangka waktu yang lebih lama.

Studi ini merupakan dorongan besar dalam perburuan hidup. Satu dari tiga planet di luar tata surya yang lebih besar dari Bumi adalah dunia air, menurut penelitian terbaru.

Para ilmuwan mengatakan bahwa setiap planet ekstrasurya yang berukuran dua sampai empat kali ukuran Bumi kemungkinan mengandung bahan utama untuk hidup.

Analisis data dari exoplanet Kepler Space Telescope dan misi Gaia menunjukkan setengah berat badan planet mungkin air, baik mengalir atau beku.

Sebagai perbandingan, jumlah air di Bumi hanya membentuk 0,02 persen dari total massanya.

Editor : Sulha Handayani