• News

  • Sains

Ini Turis Jepang yang Akan Keliling Bulan pada 2023

Miliarder Jepang Yusaku Maezawa  menjadi turis pribadi pertama yang terbang mengelilingi Bulan.
Wired
Miliarder Jepang Yusaku Maezawa menjadi turis pribadi pertama yang terbang mengelilingi Bulan.

JAKARTA, NNC - Miliarder Jepang Yusaku Maezawa menyetorkan setoran signifikan dengan SpaceX untuk menjadi turis pribadi pertama yang terbang mengelilingi Bulan dengan Big Falcon Rocket (BFR). Perusahaan Maezawa juga ingin membawa enam hingga delapan seniman dari seluruh dunia dalam perjalanan hampir seminggu ini. Misi diharapkan akan diluncurkan pada 2023 mendatang.

Miliarder Jepang Yusaku Maezawa menandatangani kontrak dengan SpaceX untuk terbang mengelilingi bulan dengan roket. Maezawa akan berusaha menjadi yang pertama untuk kembali ke Bulan setelah hampir setengah abad.

"Sejak saya masih kecil, saya sangat menyukai bulan. Itu selalu ada dan terus menginspirasi umat manusia, "kata Maezawa, dilansir dari laman CNBC, Jumat (21/9/2018).

BFR adalah roket besar setinggi 35 lantai yang dirancang untuk diluncurkan dan mendarat seperti SpaceX's Falcon 9, tetapi juga membawa lusinan orang di atas pesawat, bukan hanya satelit.

Namun pembawa misi ini menolak untuk mengungkapkan jumlah yang dibayarkan Maezawa dan mengatakan "tidak mengungkapkan jumlah tetapi Maezawa membayar sejumlah uang yang sangat signifikan."

Untuk diketahui, hanya 24 orang yang pernah ke Bulan, dengan misi Apollo terakhir pada tahun 1972 menandai terakhir kalinya seorang manusia mengunjungi Bulan.

"Saya memilih pergi ke Bulan dengan seniman. Pada 2023, sebagai tuan rumah, saya ingin mengundang enam hingga delapan seniman dari seluruh dunia untuk bergabung dengan saya dalam misi ke Bulan ini," jelas Maezawa.

Dia belum memutuskan seniman mana yang akan dibawa. Selama sebulan terakhir, dia menyampaikam pengumuman ini dalam beberapa unggahan di media sosial (medsos) Twitternya.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Lince Eppang

Apa Reaksi Anda?