Teleskop Kepler yang Telah Pensiun Klaim Temukan Planet Potensial

Teleskop Kepler yang telah pensiun klaim temukan planet potensial.
Daily Mail
Teleskop Kepler yang telah pensiun klaim temukan planet potensial.

HAWAII, NNC - Planet potensial pertama yang ditemukan oleh teleskop Kepler yang sekarang sudah pensiun akhirnya dikonfirmasi.

Planet potensial tersebut dijuluki Kepler-1658b. Planet itu mengorbit bintangnya sekali setiap 3,85 hari dan menempuh jalan panjang untuk mencapai konsensus ilmiah tentang keberadaannya.

Ilmuwan bergulat dengan data selama lebih dari satu dekade untuk mengkategorikan objek dengan benar. Pertama kali ditandai sebagai planet, kemudian analisis baru-baru ini membuktikan bahwa itu sebenarnya adalah raksasa gas, yakni jupiter panas.

Penulis utama Ashley Chontos, seorang mahasiswa pascasarjana di Universitas Hawaii sedang meneliti data Kepler yang luas ketika dia melihat Kepler-1658b. NASA mengatakan perkiraan awal bintang inang planet itu tidak benar dan baik bintang maupun planetnya sangat diremehkan. Para ilmuwan menilai penglihatan pertama Kepler sebagai kesalahan analitis, sampai akhirnya Chontos menggunakan perangkat lunak baru untuk menilai kembali data.

Analisis baru, yang menggunakan gelombang suara bintang yang diamati dalam data Kepler untuk mengkarakterisasi bintang, menunjukkan bahwa bintang itu sebenarnya tiga kali lebih besar dari yang diperkirakan sebelumnya.

"Planet ini tiga kali lebih besar, mengungkapkan bahwa Kepler-1658b sebenarnya adalah Jupiter yang panas," kata Chontos, dilansir dari laman Daily Mail, Kamis (7/3/2019).

Misi Kepler awalnya diperuntukkan untuk 3,5 tahun terakhir tetapi penggunaan bahan bakar yang ketat memungkinkannya untuk tetap beroperasi selama 9 tahun, 7 bulan dan 23 hari. Misinya adalah menjelajahi langit, baik dekat maupun jauh, dalam pencarian planet yang mengorbit bintang lain.

Kepler menemukan lebih dari 2.600 dunia di luar tata surya kita dan secara statistik membuktikan bahwa Bimasakti adalah rumah bagi lebih banyak planet daripada bintang. Itu terbuat dari 42 sensor gambar yang disebut charge coupled devices (CCDs) dan masing-masing memiliki resolusi 1.024 kali 2.200 piksel.

Editor : Sulha Handayani