• News

  • Sains

NASA akan Kirim Manusia Tinggal di Bulan Pada 2028

Ilustrasi Bulan.
NASA
Ilustrasi Bulan.

WASHINGTON DC, NNC - Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (AS), NASA berencana kirim manusia untuk tinggal di bulan pada 2028. Dengan demikian, menurut Administrator NASA, Jim Bridenstine, AS akan memiliki astronot yang tinggal di bulan dalam waktu kurang dari 10 tahun ke depan.

Dalam sebuah pernyataan tentang anggaran US$21 miliar untuk tahun 2020, petinggi NASA menggandakan rencana untuk mengirim manusia pertama ke bulan dan kemudian ke Mars. Dengan anggaran baru, yang menandai peningkatan hampir 6 persen dari tahun lalu, Bridenstine mengatakan NASA tengah persiapkan manusia kembali ke bulan pada 2028.

"Kami akan pergi ke Bulan dalam dekade berikutnya dengan teknologi dan sistem baru yang inovatif untuk menjelajahi lebih banyak lokasi di seluruh permukaan bulan daripada sebelumnya," kata Bridenstine, dilansir dari laman Daily Mail, Selasa (12/3/2019).

Rencana tersebut, yang telah dikembangkan selama beberapa tahun terakhir, bergantung pada pengembangan Space Launch System (SLS) dan pesawat ruang angkasa Orion, bersama dengan platform orbital.

SLS dan Orion diharapkan siap untuk penerbangan uji coba pertama mereka pada tahun 2020. Diperkirakan bahwa ini akan memungkinkan pemukiman manusia yang diperpanjang di bulan, dan berfungsi sebagai titik loncatan ke misi ruang angkasa yang lebih dalam, termasuk misi ke Mars.

Anggaran ini juga akan membantu kemajuan misi eksplorasi robot yang akan datang, seperti James Webb Space Telescope dan Europa clipper.

"Dimulai dengan serangkaian misi pengiriman komersial kecil ke Bulan pada awal tahun ini, kami akan menggunakan pendarat baru, robot dan akhirnya manusia pada tahun 2028 untuk melakukan sains di seluruh permukaan bulan," kata Bridenstine.

Sekarang, menjelang peringatan 50 tahun Apollo 11, NASA bekerja tidak hanya untuk kembali ke bulan, tetapi untuk mempertahankan keberadaan manusia di bulan.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan.H.P

Apa Reaksi Anda?