Peneliti Temukan Spesies Kerang Baru yang Aneh di Dasar Laut

Daily Mail

CHICAGO, NETRALNEWS.COM - Para peneliti menemukan spesies kerang baru yang aneh dan memakan kayu di dasar lautan. Bagi kerang ini, kayu yang dibuang menjadi makanan yang enak.

Salah satu peneliti yang berperan dalam penemuan ini adalah Janet Voight, Associate Kurator of Zoologi Invertebrata di Field Museum.

"Bayangkan hidup di dasar laut sebagai kerang yang berenang. Kerang juga harus menemukan sepotong kayu yang tenggelam atau mati," kata Janet Voight, dilansir dari laman Daily Mail, Rabu (3/4/2019).

Selain bentuknya yang unik, kerang ini mirip tabung phallic yang disebut 'siphon' menonjol dari cangkangnya. Para peneliti mencatat bahwa jenis kerang juga memiliki dampak ekologis yang mendalam.

Kerang, yang membelah kayu dan menggunakan tubuh mereka untuk mengikis serbuk gergaji dan memakannya, adalah satu-satunya spesies di Bumi yang diketahui memakan kayu dan karena diet mereka yang unik, para ilmuwan mengatakan bahwa kelas kerang dapat berperan dalam mengatur jumlah kayu di laut.

"Kami tidak tahu berapa banyak kayu di dasar lautan, tetapi mungkin ada lebih banyak dari yang kita pikirkan. Setelah badai besar, kami memperkirakan jutaan ton kayu tersapu ke laut. Bagaimana jika kerang ini tidak ada di sana untuk membantu memakannya? Pikirkan berapa lama kayu itu membusuk," jelas peneliti.

Voight mengatakan bahwa karena kerang itu efisien dan kerang sangat kecil, mereka sering berkumpul dalam jumlah besar. Akibatnya, mereka mungkin berperan dalam membantu membersihkan lautan puing-puing kayu dari badai yang ditemukan di laut. Kerang juga ternyata mampu mengubah pohon di laut bagi hewan lain agar memperoleh energi. "Itu membuatku terkejut," sambung peneliti.

Editor : Widita Fembrian